PELATIHAN CAPACITY BUILDING PENGAWAS MUTU BOKAR

Pelatihan Capacity Building Pengawas Mutu Bokar dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran yang mewakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 09 Juli  2018, Pukul : 09.00 WIB, di Hotel Grand Antares  – Medan.

Pelatihan Capacity Building Pengawas Mutu Bokar  dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 09  Juli s/d 12 Juli 2018 yang dihadiri  15 (lima belas) orang peserta yang merupakan petugas yang membidangi perkebunan di kabupaten sentra produksi karet di Sumatera Utara pada 12 (dua belas) kabupaten antara lain: Kabupaten Deli Serdang, Langkat, Simalungun, Tapanuli Selatan, Labuhan Batu, Asahan, Mandailing Natal, Serdang Bedagai, Padang Lawas Utara, Humbang Hasundutan, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan. Tujuan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Capacity Building Pengawas Mutu Bokar adalah meningkatkan kapasitas petugas dalam melakukan pengawasan terhadap mutu bokar serta mampu melakukan penilaian kelayakan pembentukan suatu UPPB untuk memperoleh registrasi dari Instansi yang menangani bidang Perkebunan di Kabupaten/Kota.

Pada kunjungan lapangan, peserta dibawa ke Gapoktan “MAJU BERSAMA” yang merupakan salah satu calon UPPB yang akan dibentuk di Provinsi Sumatera Utara yang berada di Desa Bahdamar Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai. Pada kunjungan lapangan, peserta dapat mendengarkan perjalanan dari gapoktan Maju Bersama mulai dari penjualan kepada pedagang pengumpul sampai akhirnya dapat bermitra dengan PT. Brigestone. Disamping itu juga dilakukan  penilaian mutu Bokar yang sesuai dengan SNI melalui proses penggumpalan lateks dengan menggunakan bahan penggumpal yang direkomendasikan yaitu asap cair serta asam format, dan saat ini gapoktan tersebut telah mampu menghasilkan asap cair

Narasumber pada Pelatihan Capacity Building Pengawas Mutu Bokar ini berasal dari Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan, Balai Penelitian Karet Sei Putih,  dan GAPKINDO Wilayah Sumatera Utara.

web1 web3

 

Pin It on Pinterest