Sekolah Lapang Peningkatan Mutu Kopi Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing di Kabupaten

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang paling banyak diperdagangkan. Kopi telah memberikan manfaat tersendiri bagi kelangsungan hidup masyarakat di pedesaan. Selain memiliki fungsi ekonomi, kopi juga memiliki fungsi sosial.  Adapun jenis  kopi  yang  dikembangkan  di Sumatera Utara saat ini adalah  jenis kopi  robusta dan arabika

Mutu kopi sangat dipengaruhi oleh perilaku petani mulai dari budidaya, panen sampai dengan pengolahan hasil. Mutu tersebut sangat berdampak pada peningkatan daya saing serta harga kopi yang dihasilkan. Rendahnya SDM petani terkait dengan panen, pasca panen sampai dengan pengolahan hasil memberikan dampak buruk terhadap mutu kopi yang berdampak pada harga yang rendah Disamping itu kelembagaan kelompok tani yang masih lemah mengakibatkan petani masih menjual produk mereka kepada pedagang pengepul dengan harga jauh dibawah harga pasar.

Menyikapi hal tersebut, dalam rangka meningkatkan ilmu serta –pemahaman petani kopi dalam meningkatan mutu serta daya saing kopi melalui penanganan panen serta penerapan teknologi serta pengolahan hasil yang baik dan benar serta penguatan kelembagaan kelompok tani tersebut, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan Sekolah Lapang (SL) Peningkatan Mutu Kopi Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing di Kabupaten Simalungun, Tapanuli selatan dan Mandailing Natal.

Tujuan kegiatan untuk menumbuhkan motivasi serta pengertian kepada petani tentang peningkatan mutu hasil kopi, melalui proses belajar mengajar dengan metode partisipasi aktif, mencari, menemukan fakta sendiri, menganalisa dan mendiskusikannya antara petani sendiri, kemudian mengambil keputusan bersama untuk menentukan tindakan selanjutnya.

sekolah-lapangan-2

Pin It on Pinterest