Pertemuan Fasilitasi Pengembangan Akses Pasar Perdagangan Internasional

Sub sektor perkebunan di Sumatera Utara mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan perekonomian Sumatera Utara maupun perekonomian Nasional. Hal ini dapat dilihat dari kontribusi sub sektor perkebunan dalam Product Domestik Regional Bruto (PDRB).

Selama ini yang secara nyata telah menunjukkan keberhasilannya dalam pembangunan daerah. Peran komoditas perkebunan dalam perolehan devisa, penyediaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat dapat dimaksimalkan pertumbuhannya, dengan mengupayakan adanya peningkatan investasi baik asing maupun dalam negeri.

Pengembangan Akses Pasar Perdagangan Internasional untuk memperkenalkan produk unggulan suatu daerah sehingga masyarakat/konsumen makin menyadari pentingnya mengkonsumsi produk pertanian local dan selanjutnya para pelaku usaha, baik produsen, pedagang perantara maupun institusi yang terlibat akan semakin bergairah untuk lebih meningkatkan kualitas produk pertanian yang dihasilkan.

Pertemuan Fasilitasi Pengembangan Akses Pasar Perdagangan Internasional dilaksanakan di Hotel Grand Antares Medan 08 s/d 09 Agustus 2016. Dengan peserta ang berasal dari Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi, Kabupaten Paluta yang Terdiri dari Petugas, Kelompok Tani, Asosiasi Dan Stakholder.

Tujuan pertemuan ini yaitu meningkatkan akses pemasaran produk hasil perkebunan di daerah sentra perkebunan yang diharapkan mampu menarik investor kedalam negeri.

Materi pertemuan :

  • Permasalahan eksport karet di Sumatera Utara Narasumber dari Gapkindo Sumatera Utara,
  • Strategi Pengembangan Ekspor Produk Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Narasumber dari Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Utara
  • Pembiayaan Ekspor bagi Produk Perkebunan Narasumber dari Bank Indonesia
  • Kebijakan Perdagangan Internasional untuk Komoditi Perkebunan Narasumber dari Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan

Pin It on Pinterest