Calon Kebun Sumber Benih Aren Genjah di Sumatera Utara

Tanaman aren merupakan tanaman serba guna karena hampir semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan, dan bagian yang paling bernilai ekonomi yaitu nira. Banyak keluarga petani yang menggantungkan hidupnya pada tanaman aren, karena nira yang disadap setiap hari dibuat gula atau alkohol, yang merupakan sumber pendapatan setiap hari. Hasil nira aren yang disadap diproses oleh petani menjadi gula, baik gula cetak maupun gula semut. Gula aren merupakan sumber pendapatan utama petani. Hasil lain dari tanaman aren seperti ijuk dan lidi dibuat sapu tapi umumnya masih terbatas untuk dipakai sendiri.

Berbagai manfaat dan kontribusi yang diberikan oleh komoditi tersebut belum diiringi dengan pertumbuhan produksi dan produktivitas yang signifikan guna mengimbangi kebutuhan yang semakin meningkat setiap tahunnya. Sehubungan dengan itu perlu adanya dukungan penyediaan benih secara berkesinambungan baik kualitas maupun kuantitas.

Untuk menjamin ketersediaan benih sacara berkelanjutan salah satunya dengan penetapan kebun sumber benih. Seperti diketahui bahwa jenis tanaman aren terbagi 2 varian yaitu:

  1. Aren Dalam, usia Panen 8 – 9 tahun, tinggi tamanan 8 – 10 Meter.
  2. Aren Genjah, usia panen 5 – 6 tahun, tinggi tanaman 5 – 7 meter.

Salah calon kebun benih aren unggul berada di Desa Tandem Hilir Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Kebun Aren ini di Kelola oleh PT. Sultan Aren. UPT Perbenihan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan telah melakukan Identifikasi ke Kebun Aren milik PT, Sultan Aren.

Pada kegiatan ini dari UPT Perbenihan dihadiri oleh Kepala UPT Perbenihan  Ir. Primawati Pangaribuan, M.Si, Bapak Muhammad Sabri, SP Kasi Pelayanan Teknis, Bapak Dudy Hanafiah Pane, SP Kasi Pengembangan Usaha Perbenihan. Dari BBPPTP Medan dhadiri Pengawas Benih Tanaman Bapak Reivan N. Saragih, SP. Identifikasi awal dilakukan dengan dengan metode wawancara kepada Pemilik Kebun Bapak Ilham Saputra SE dan Peninjauan Langsung kelokasi Kebun.

 Dari Keterangan Bapak Ilham bahwa tanam aren di kebun ini ditanam tahun 2011, jenis aren yang ditanam jenis aren genjah dan benihnya berasal kebun sumber benih yang berada di kabupaten Kutai Timur. Dari hasil wawancara dan peninjauan ke lokasi kebun, tahap berikutnya akan dilakukan Observasi/pengamatan, pemilihan Pohon Induk Terpilih (PIT) dan menghitung potensi benih.

Semoga kebun Aren genjah yang dikelola oleh PT. Sultan Aren bisa dijadikan kebun sumber benih aren yang pertama di Provinsi Sumatera Utara.