Sosialisasi Bantuan Dan Bimbingan Teknis Alat Pengolahan Aren Dikabupaten Deli Serdang

Dalam program pelaksanaan pengawasan peredaran sarana pertanian/ pengawsan sebaran pupuk,pestisida, alsintan dan sarana pendukung pertanian/ fasilitasi pengolahan aren Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera utara melaksanakan penyerahan dan sosialisasi alat pengolahan aren kepada Kelompok Tani PAMPER bertempat di Desa Penungkiren, Kec STM Hilir Kabupaten Deli Serdang.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengolahan Aren di sampaikan oleh Bapak Marthin Sibagariang . S.Pt. M.MA dan mengundang Narasumber dari PT. Sultan Aren Indonesia yaitu Bapak Ilham Saputra selaku Direktur Utama PT. SAI.dan Ibu Zuliana S.PD.I sebagai Pelaku usaha UMKM dan Direktur Utama C-Arens. Beliau menyampaikan bahwa nya kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Kelompok Tani dalam Proposal yang telah diajukan berupa bantuan Alat Pengolahan Aren.

Adapun Bantuan Hibah yang diserahkan kepada Kelompok Tani PAMPER Berupa :

  1. Mesin Kritalisator Gula Semut = 1Unit
  2. Mesin Penepung Gula Semut = 1Unit
  3. Oven Pengering Gula Semut  = 1 Unit

Dengan Bantuan Dinas Pertanian Kab. Deli Serdang telah dilakukan verifikasi CPCL bantuan Hibah ini. Oleh Karena itu Kelompok Tani PAMPER merupakan salah satu kelompok tani yang sesuai dan diharapkan Kelompok Tani dapat memanfaatkan Alat dan Mesin tersebut dalam mengolah Nira/ Gula Aren menjadi Gula Semut yang berkualitas baik.Sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat/ kelompok tani. Dan apabila alat dan mesin ini tidak dipergunakan oleh Kelompok Tani maka Dinas Pertanian Kab. Deli Serdang dapat mengevaluasi dan menarik alat dan mesin tersebut dan diserahkan ke Kelompok Tani yang memerlukan nya. Ujar “ Marthin Sibagariang,S.Pt, M.MA.