PELANTIKAN PENGURUS DEWAN KOPI INDONESIA SUMATERA UTARA

Dewan kopi Indonesia (Dekopi) Perwakilan Sumatera Utara telah terbentuk dan disahkan melalui Surat Keputusan Dewan Kopi Indonesia pada tanggal 09 Desember 2021. Pelantikan Pengurus Dewan Kopi Indonesia Sumatera Utara tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan oleh Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia Bapak Rusman Heriawan dan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi beserta Ketua TP PKK Ibu Nawal Lubis beserta Kepala Dinas Perkebunan Prov Provinsi Sumatera Utara, Ir. Lies Handayani, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, Asopan Sofian dan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Brutu, instansi terkait dari Kementerian Pertanian dan BPJS Ketenagakerjaan

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menekankan pentingnya branding untuk bisnis kopi. Apalagi kopi termasuk bisnis yang berorientasi ekspor agar berkembang lebih cepat dan baik. Branding yang tepat menurutnya akan memperluas pasar dan menjaga eksistensi kopi Sumut di dunia internasional. Beliau juga berharap para pegiat kopi di Sumut bersatu dan berkolaborasi serta memakai nama Sumut disematkan di masing-masing kopi tersebut atau bagaimana untuk mencirikan kopi tersebut semuanya berasal dari Sumatera Utara. Dengan begitu, kopi di setiap daerah diharapkan bisa bersama-sama maju dan terus berkembang.

Sementara itu, Ketua Dekopi Perwakilan Sumut Ujiana Sianturi yang baru saja dilantik menyampaikan bahwa Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) adalah mitra pemerintah dalam meningkatkan perekonomian daerah secara mikro di sektor non migas untuk sama-sama meningkatkan pendapatan asli daerah melalui nilai/volume penjualan komoditi kopi dalam negeri dan ekspor.Saat ini terjadi penurunan ekspor kopi sebagai dampak pandemi. Oleh sebab itu dengan hadirnya Dewan Kopi Indonesia Perwakilan Sumatera Utara dapat meningkatkan kembali gairah dan semangat petani kopi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas dan kualitas kopi rakyat dalam meningkatkan eksport kopi Sumatera Utara. Tiga program kerja Dekopi perwakilan Sumatera Utara  periode kepengurusan mereka 2021-2025 antara lain:

  1. Untuk jangka pendek Dekopi akan berupaya menerapkan resi gudang,
  2. Jjangka menengah membuat plaza kopi terbesar di Asia Tenggara
  3. Jangka panjang menerapkan sertifikasi pedagang yang berkeadilan untuk kesejahteraan petani,

Pada pelantikan Pengurus Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) Perwakilan Sumatera Utara tersebut diisi dengan berbagai acara antara lain: Seminar tentang Kopi, Pemberian Kartu BPJS Ketenaga Kerjaan dan Ngopi Bareng yang langsung disuguhkan oleh barista-barista handal dari beberapa daerah.