Peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani pekebun di Kabupaten Samosir

Pelaksanaan kegiatan pembinaan kelompok tani perkebuan tanaman kopi dengan sub kegiatan Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Manajerial dan  Penguatan Kelembagaan Pekebun Tanaman Kopi TA 2022 di kabupaten Samosir yang dilaksanakan  pada Hari Selasa, 24 Mei 2022 acara dimulai pada pukul09.00 WIB s/d selesai bertempat di aula Gereja Pentakosta Desa Ronggurnihuta. Samosir

  Kegiatan tersebut di awali dengan pendataan anggota kelompok tani dan menyanyikan lagu Indonesia Raya tidak ketinggalan juga doa yang di bawakan oleh anggota kelompok tani  Harapan Mandiri . Hadir pada Pertemuan ini ibu Polora Barimbing, SP, MM selaku ahli muda penyuluh pertanian mewakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Bapak Boyke Situmorang, SP selaku Kepala bidang Perkebunan Kabupaten samosir  dan Bapak Marulam Sinaga  sebagai Praktisi Kopi Pardosir, Marganda P. Sitanggang , SP, selaku moderator dan hadir juga para penyuluh pertanian yang ada di kabupaten Samosir.

 Polora Barimbing, SP, MM   menyampaikan  beberapa hal dalam penyampaikan materi  antara lain  Kelompok tani (Poktan) merupakan salah satu mitra dari berbagai elemen yang mempunyai kepentingan untuk mencapai tujuan dalam menghadapi daya saing ekonomi nasional dan global.  Kondisi poktan saat ini perlu pembinaan dan pendampingan dalam menjawab tantangan perubahan jaman. Pembinaan kelompok tani diarahkan pada peningkatan kemampuan melaksanakan fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agribisnis, penguatan poktan menjadi lebih tangguh, kuat dan mandiri.

Pada Penyuluh pertanian lapangan kiranya supaya lebih aktif lagi untuk melakukan pembinaan terhadap kelompok tani perkebunan khususnya pada petani EMAS HIJAU dari Samosir.

Sedangkan dalam paparannya bapak ZulkarnaenBoyke Situmorang ,SP  menambahkan supaya setiap poktan harus di daftarkan di satuan kerja yang melaksanakan tugas penyuluhan di kecamatan dan datanya di muat dalam sistem informasi manajemen ( SIMLUHTAN) DAN SIMFONI BUN dan sesegera mungkin mendaftarkan ke notaris untuk membuat  AKTE NOTARIS sudah saatnya desa RONGGURNIHUTA  ini menjadi pusat Kopi samosir  maka dari itu perlu di lakukan  legalitas dan penguatan kelembagaan kelompok tani .

Pertemuan rutin yang terjadwal dengan agenda yang tercatat demi kelengkapan administrasi, iuran anggota ,transparansi akan manajemen organisasi harus tetap dibina demi menuju kelompok yang tangguh , Kelompok Tani bisa berkembang harus sehat organisasi, sehat usaha dan sehat administrasi.

Marulam sinaga selaku nara sumber dari Praktisi kopi memaparkan bagaimana cara untuk bisa tampil dan menjadi perhatian dari dinas2 terkait agar menjadi pelakuk usaha kopi yang mandiri dan tangguh maka ada beberapa hal yang harus menjadi ciri khas pelaku ,budi daya kopi dilakukan dengan baik, bekerja keras, berkoordinasi baik dengan dinas dan yang pasti harus ada pertemuan rutin kelompok.

Diakhir pertemuan Polora Barimbing . SP. MM yang mewakiki Kepala Dinas perkebunan Provsu menyampaikan kiranya pertemuan ini bermanfaat dan semua peserta pertemuan menjadi semakin termotivasi untuk menjadikan kelompok tani yang sehat, tangguh dan bermartabat sehingga menuju kesejahteraan., salam sukses dan kopi Samosir naik terus.