Peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani pekebun di Kabupaten Tapanuli Selatan

Pelaksanaan kegiatan pembinaan kelompok tani perkebuan tanaman kopi dengan sub kegiatan Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Manajerial dan  Penguatan Kelembagaan Pekebun Tanaman Kopi TA 2022 di kabupaten Tapanuli Selatan tepatnya di kantor kepala desa sarogodung kec Sipirok kamis,16 Juni 2022. Kegiatan tersebut di awali dengan pendataan anggota kelompok tani dan menyanyikan lagu Indonesia Raya tidak ketinggalan juga doa yang di bawakan oleh anggota kelompok tani  Suka Bersama.

Hadir pada Pertemuan ini ibu Polora Barimbing, SP, MM selaku ahli muda penyuluh pertanian mewakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Bapak Zulkarnaen Harahap, SP selaku Kepala bidang Perkebunan Kabupaten Tapanuli Selatan  dan Bapak Bambang Hari Susanto sebagai Praktisi Kopi Tabo, dan juga para penyuluh pertanian yang ada di kabupaten Tapanuli Selatan.

Dalam paparannya ibu Polora Barimbing, SP, MM menyampaikan  beberapa hal  antara lain  Kelompok tani (Poktan) merupakan salah satu mitra dari berbagai elemen yang mempunyai kepentingan untuk mencapai tujuan dalam menghadapi daya saing ekonomi nasional dan global.  Kondisi poktan saat ini perlu pembinaan dan pendampingan dalam menjawab tantangan perubahan jaman. Pembinaan kelompok tani diarahkan pada peningkatan kemampuan melaksanakan fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agribisnis, penguatan poktan menjadi lebih tangguh, kuat dan mandiri.

Sedangkan dalam paparannya bapak Zulkarnaen menambahkan sudah saatnya desa Sarogodung ini Kembali menjadi pusat Kopi Tapanuli Selatan maka dari itu perlu di lakukan penguatan kelembagaan kelompok tani guna menambah ilmu dan pengetahun para petani kopi yang berada di kelompok tani Suka Bersama. Dan beliau berharap kelompok tani ini bisa maju dan menjadi percontohan bagi kelompok tani yang lain baik yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan Khususnya maupun di Sumatera Utara umumnya.

Pertemuan rutin yang terjadwal dengan agenda yang tercatat demi kelengkapan administrasi, iuran anggota ,transparansi akan manajemen organisasi harus tetap dibina demi menuju kelompok yang tangguh , Kelompok Tani bisa berkembang harus sehat organisasi, sehat usaha dan sehat administrasi.

Terjadi diskusi yang begitu terbuka antara bapak Bambang Hari Susanto dengan para anggota kelompok petani terkait pohon pelindung kopi yang baik dan benar itu bagaimana dan juga tentang bisakah pohon Karet dijadikan pohon pelindung kopi. Pak Bambang Hari Susanto juga memberi motivasi kepada para kelompok tani agar terus belajar tentang budi daya kopi yang baik mulai dari pemilihan bibit sampai pemasaran guna menambah nilai jual kopi yang ada di kelompok tani.

Diakhir pertemuan Polora Barimbing . SP. MM yang mewakiki Kepala Dinas perkebunan Provsu menyampaikan kiranya pertemuan ini bermanfaat dan semua peserta pertemuan menjadi semakin termotivasi untuk menjadikan kelompok tani yang sehat, tangguh dan bermartabat sehingga menuju kesejahteraan., salam sukses dan kopi sipirok naik terus. Tidak ketinggalan bapak Damrin Siregar sebagai ketua Kelompok tani Suka Bersama mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada dinas perkebunan provinsi sumatera utara karena telah memilih desa Saro godung sebagai tempat terpilihnya pelaksanakan kegiatan sosialisasi kelembagaan kelompok tani dimana dari 197 kelompok tani perkebunan yang ada di Tapanuli Selatan

#koptanbunjaya

#sumutbermartabat

#indonesiatangguh