Kunjungan Delegasi India Di Dinas Perkebunan

Kepala dinas perkebunan menerima delegasi dari india dalam rangka eksplorasi benih kelapa sawit yang berkecambah di Sumatera Utara pada tanggal 20 Juni 2022. Pertemuan ini dilaksanakan di Aula Kepala dinas perkebunan provinsi Sumatera Utara.  Hadir langsung kepala dinas perkebunan ibu Ir. Lies Handayani Siregar, M.MA  menyambut kedatangan delegasi dari  India di dampingi oleh bapak Indra Gunawan Girsang, STP,M.MA Selaku Penyuluh Lingkungan, ibu Dameria Risliwati Saragih,SP,MM selaku pengawas Mutu Hasil Pertanian, Ibu Dra. Dewiana, MM selaku Analis Pasar Hasil dan ibu Lismawati, S.P.t,M.Si selaku penyuluh pertanian.


delegasi dari india tertarik dengan pengembangan sawit yang ada di Sumatera Utara dan ingin mempelajari uu no 39 tahun 2019 tentang perkebunan juga pergubsu no 14 tahun 2020 tentang rencana aksi provinsi kepala sawit berkelanjutan di Sumatera Utara. Mereka ingin mempelajari tentang pelaksanaan GAP kelapa sawit dan Juga Replanting Kelapa sawit yang ada di Sumatera Utara.

Kepala Dinas Perkebunan Ir. Lies Handayani Siregar, M. MA menjelaskan perlunya pembinaan terhadap petani kelapa sawit guna menambah ilmu dan juga wawasan petani terutama dengan regulasi, pemilihan Bibit, pola Replanting, penggunaan pupuk dan juga penetapan harga di kelompok tani yang bermitra dengan perusahaan pekebun dan juga Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Sedangkan untuk kemitraan beliau juga menambahkan sesuai Pergub 14 2020 tentang kelapa sawit berkelanjutan yang bekerja sama di biro (Gubernur) Sumatera Utara juga tentang penetapan harga juga harus sesuai dengan permentan harga TBS tandan buah segar.

Delegasi dari India Dihadiri oleh Bapak Lvenkatramreddy selaku Horticuture daerah bagian Langkawi,  Akhir Kumar selaku Government of Telanga  dan M. Succendec Reddy  Telengana Oil federation. Dan Margaret J. Tarigan, Kus Haryanto  dari BBPPTP Medan, agustiman purba dari PT Socfindo sumatera Utara