Kunker Wagub Bukit Lawang – Tangkahan

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah memasuki hutan untuk melihat kondisi lokasi rehabilitasi dan feeding Orang Utan di Bukit Lawang. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar terkait pengembangan Bukit Lawang – Tangkahan. Pada kunjungan kali ini, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah yang didampingi oleh bebarapa kepala OPD Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, diantaranya Kepala OPD Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Bapak Musa Rajekshah disela-sela aktivitas trackingnya, menyampaikan “Hari ini tracking melihat lokasi yang dulu pernah aktif menjadi tempat rehabilitasi Orang Utan dan feeding atau tempat pemberian makan Orang Utan. Kita ingin mencoba mengaktifkan kembali karena sudah dapat lampu hijau dari Ibu Menteri LHK pada pertemuan Minggu lalu,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Musa Rajekshah melanjutkan, pengaktifan lokasi rehabilitasi dan feeding Orang Utan ini tidak hanya semata untuk menjadi magnet bagi wisatawan lokal hingga mancanegara tapi juga memberikan manfaat bagi alam dan manusia. “Orang Utan berperan penting dalam ekosistem hutan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) khususnya di Bukit Lawang,” ujarnya.

TNGL, menjadi salah satu hutan penghasil terbesar oksigen dan simpanan karbon yang cukup besar. Selanjutnya, Musa Rajekshas mengharapkan lokasi rehabilitasi diaktifkan kembali, pihaknya juga berharap ada Rumah Sakit Orang Utan di Bukit Lawanng.

Usai menggelar rapat pemantapan dan meninjau potensi wisata empat desa di Bukit Lawang, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah melanjutkan perjalanan ke Tangkahan dengan agenda Rapat Pemantapan Rencana Kerja Pengembangan Potensi Pariwisata Tangkahan. Perjalanan dilakukan dengan mengambil jalur alternatif Bukit Lawang – Tangkahan sepanjang kurang lebih 23 kilometer. Jalur alternatif ini telah diprogramkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk dimuluskan di tahun 2022. Selama perjalanan, Wakil Gubernur Sumatera Utara ini terlihat beberapa kali berhenti untuk melihat kondisi ruas jalan dan jembatan di antaranya jembatan Bandar Pulo. Ia juga menyempatkan diri mengunjungi potensi wisata di Desa Sei Musam, pohon besar yang berada di Batu Rongring.

Sampai di Tangkahan, Wakil Gubernur juga disambut atraksi unggulan Desa Sei Serdang, Jaran Kepang dan langsung melanjutkan rapat pemantapan rencana kerja pengembangan Tangkahan di Green Lodge, Desa Namo Sialang, Tangkahan.

Ijeck dalam rapat tersebut menyampaikan pengembangan Tangkahan tidak akan bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Masyarakat harus siap ambil bagian agar rencana ini berhasil dan menjadi lokasi wisata yang aman, nyaman dan mengundang orang untuk datang dan kembali lagi.