Rapat Koordinasi TPD Sumut Dalam Rangka Penyiapan Pelaporan RAP KSB Sumut

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (sumut) menunjukan kemajuan pesat dalam melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6/2019 tentang Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB).

“Hal ini ditandai dengan inisiatif pembentukan tim pelaksana daerah rencana aksi provinsi kelapa sawit berkelanjutan (TPD RAP-KSB) yang melibatkan petani, pengusaha sawit, serta pihak CSO,” kata Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian (kementan), Ir Dedi Junaedi MSc.

Hal itu ia katakan secara daring dalam pertemuan koordinasi pelaksanaan rencana aksi provinsi kelapa sawit berkelanjutan (RAP-KSB) Sumut, Kamis (7/4/2022) sore.

CSO yang dimaksud Dedi Junaedi adalah civil society organization atau organisasi masyarakat sipil yang memiliki perhatian terhadap pelaksanaan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Dedi juga menyebutkan pemerintah pusat melihat sudah banyak hal positif yang dilakukan industri sawit di Sumut, termasuk dalam memajukan dan membina petani sawit.

Ia menilai hal positif ini sangat pantas disampaikan dan diketahui oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Dedi juga berharap Sumut harus tetap menjadi provinsi yang terdepan dalam melaksanakan sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dan program peremajaan sawit rakyat (PSR) serta praktik kelapa sawit yang berkelanjutan.

Rapat Pertemuan ini di laksanakan di Hotel JW Mariot Jl Putri Hijau No 10 Medan pada  hari Kamis/  7 April 2022 dengan mengundang peserta pertemuan yang berasal dari insan perkelapa sawitan dari pemerintah pusat seperti Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Perkebunan, Kementrian Koordinator bidang Perekonomian, DIrektur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, DIrjenbun, Kementrian Pertanian dan sebagai Tim pelaksana daerah RAP KSB Sumut terdiri dari Kepala dinas Perkebunan, Kepala Bappeda Provsu, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan hidup dan dinas lainnya. Dan hadir juga Ir Herawati, Dr. Diana dari Universitas Sumatera Utara, Bapak Timbas Ginting dari GAPKI Sumut, Perusahan Perkebunan Negara dan Perkebunan Swasta yang ada di Sumatera Utara.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yaitu Ibu Lis Handayani Siregar, M. MA selaku Ketua Harian TPD RAP KSB Sumut dan dilanjutkan kata sambutan oleh Ir Dedy Junaedi, MSc selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil perkebunan, Ditjenbun, Kementrian Pertanian dan juga bapak Moch Edy Yusuf Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Perkebunan, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam pertemuan ini lebih ditekankan bahwa ada 5 komponen RAP KSB Sumut  yaitu Penguatan Data, Penguatan Koordinasi dan Infrastruktur, Pengingkatan Kapasitas dan Kapabilitas pekebun, Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan, Tata Kelola Perkebunan dan Penanganan Sengketa dan terakhir Percepatan Pelaksanaan Sertifikasi ISPO dan Akses Pasar.