Rapat Program Kerja Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) Perwakilan Sumatera Utara

Pembentukan Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) diprakarsai oleh Menteri Pertanian RI Periode 2004-2009, Anton Apriantono. Pada tanggal 11 Maret 2018 dilaksanakan Pengukuhan Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) yang dipimpin oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Amran Sulaiman, dan setiap tanggal 11 Maret diperingati sebagai “Hari Kopi Nasional”.  Pembentukan Dekopi dilandasi untuk mempopularkan kopi sebagai komoditas unggulan Indonesia dan memajukan industri perkopian.

Dekopi Perwakilan Sumatera Utara pada tanggal 13 Januari 2022 bertempat di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Rapat penyusunan program kerja. Pertemuan dilakukan secara online dan offline. Secara online dihadiri unsur pemerintahan dan penggiat kopi dari Kabupaten Samosir, Mandailing Natal, Dairi, Karo dan Simalungun. Secara offline pertemuan dihadiri oleh Ketua dan sekretaris Dekopi Sumatera Utara beserta pengurus lainnya termasuk Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir. Lies Handayani Siregar, M.MA dalam pengarahannya meminta  peran aktif Dekopi mulai dari hulu sampai ke hilir, mulai dari budidaya sampai dengan pasca panen dan dapat melibatkan kaum milenial dalam pelaksanaan kegiatan.

Selain untuk memajukan perkopian Indonesia Dekopi juga ingin mengembalikan kejayaan kopi nasional dengan menyatukan para stakeholder dan pemerintah. Menurut Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia Anton Apriantono Dekopi merupakan wadah yang mendapatkan mandat, untuk menjadi alat pemersatu dan pesinergi bagi seluruh organisasi pemangku kepentingan perkopian Indonesia.

Ketua Perwakilan Dekopi Sumatera Utara Ujiana Sianturi menginformasikan terkait program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek sudah direncanakan untuk membuat Plaza Kopi Indonesia yang merupakan tempat untuk bisnis, pertemuan, tempat santai nongkrong dan lain-lain. Harapan lain yang disampaikan oleh Ketua Dekopi Sumatera Utara adalah pendataan warung kopi mulai dari yang terkecil sampai besar. Program dari pusat yang mendukung kopi Indonesia disampaikan oleh Kepala Bidang Pengolah dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir. Zulkifli Annoor Hasibuan. M.Agr, antara lain :

  1. Membangun coffee shop di masing-masing daerah dengan nama Kopi Komandan

 2. Coffee shop mobile untuk mempromosikan kopi dengan menggunakan kenderaan  roda 3

Hal lain yang dibahas dalam rapat perdana Dekopi Perwakilan Sumatera Utara adalah :

  1. Penertipan  IG kopi di daerah
  2. Kemudahan untuk mengurus perizinan baik PIRT maupun Label Halal MUI
  3. Standarisasi kopi mulai dari hulu sampai ke hilir, mulai dari Budidaya, Processing,  Roasting dan Coffee Shop nya, dengan melibatkan Puslitkoka, Specialty Coffee Association (SCA) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yaitu lembaga pelaksana kegiatan kompetensi kerja lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)
  4. Dalam waktu dekat akan digelar kegiatan Pemprov Ngopi Bareng yang sekaligus direncakan Pengukuhan Dewan Kopi Perwakilan Sumatera Utara.
  5. TVRI dalam memberikan informasi terkait kopi di Sumatera Utara sangat berperan aktif dengan meliput kegiatan-kegiatan terkait kopi maupun mengundang narasumber ataupun penggiat kopi.

Diakhir rapat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara mengajak semua unsur agar dapat bersinergi baik di provinsi maupun di kabupaten dalam membangun kopi di Sumatera Utara.