Laporan Pertemuan Dalam Rangka Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Tahun Anggaran 2021

Pelaksanaan Pertemuan  Dalam Rangka Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit pada kegiatan Fasilitasi Pertemuan dan Koordinasi Penetapan Harga TBS Tahun Anggaran 2021 di buka secara resmi oleh Ibu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  yang dilaksanakan pada tanggal    14 Oktober 2021 , Pukul : 09.00 WIB, bertempat di HotelSibayak – Berastagi..

Pertemuan Fasilitasi Pertemuan dan Koordinasi Penetapan Harga TBS diikuti 30 (tiga puluh) orang peserta yang terdiri dari Perusahaan Perkebunan, GAPKI, ASOSIASI dan  dan Pertugas Kabupaten  yang menangani Perkebunan.

Pertemuan ini diisi Narasumber sebagai berikut :

  1. Prof. DR. Ir. Ponten M. Naibaho (Pakar Perkelapasawitan) Ketua Kelompok Kerja  Penetapan  Harga TBS Sumatera Utara dengan Materi Menumbuh Kembangkan Kemitraan Pekebun Sawit Swadaya dalam Pengolahan TBS Sumatera Utara, yang membahas tentang perlunya pelaksanaan kemitraan  antara perusahaan perkebunan dengan petani yang tujuannya untuk membantu petani  meningkatkan  pembelian Harga TBS kelapa sawit  petani  sesuai dengan Penetapan  Harga  yang ditetapkan Tim Penetapan Harga Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  tertuang dalam Keputusan Menteri Pertanian  Nomor 1 Tahun 2018  dan telah ditindak lanjuti  dengan  terbitnya Peraturan Gubernur Sumatera Utara  Nomor 29  Tahun 2018.
  • Timbas Prasad Ginting Sekretaris  Gabingan  Pengusaha  Kelapa Sawit  Indonesia(GAPKI) Cabang Sumatera Utara dengan Materi Peranan GAPKI  Sumut Membangun Kemitraan  dengan Pekebun Dalam Penerapan  Harga TBS  Kelapa Sawit di Sumatera Utara.

Diharapkan bahwa tindak lanjut dari Pertemuan  ini  dapat terjalinnya  kemitraan  yang baru antara petani  pekebun  yang  tergagabung dalam kelompok tani  atau koperasi  dengan  perusahaan perkebunan  yang memiliki PKS.