BIMTEK KELEMBAGAAN PETANI KOPI DIKABUPATEN TOBA TAHUN 2021

Berbicara tentang kopi selalu ada topik menarik untuk di bahas

Kopi punya seNsasi tersendiri untuk dinikmati, aroma nya selalu mengundang untk dicium. Kopi seperti emas hijau yang bernilai ekonomi  tinggi yang bisa menjanjikan perbaikan ekonomi bila dikelola dengan benar, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara ,Bidang Prasarana dan Sarana pada Seksi Kelembagaan dan Penyuluhan melaksanakan  kegiatan  Bimbingan Kompetensi Kelembagaan petani Kopi ( Manajemen dan Kewirausahaan ) di Kabupaten Toba rabu 13 Oktober 2021 bertempat di gereja HKBP Parsambilan Kecamatan Silaen.

Kata sambutan, arahan dan pembukaan  dari Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utaradisampaikan dengan diwakili oleh  Kepala Seksi Kelembagaan dan Penyuluhan Plora Barimbing, SP. MM mengatakan kopi merupakan salah satu produk unggulan Sumatera Utara “emas hijau yang bernilai tinggi” yang harus dikelola dengan benar dan tepat dengan kelompok tani yang termanajemen yang apik, memiliki kapasitas dan berkompetensi  yang berdaya saing tinggi sehingga akan muncul pelaku pelaku ekonomi kreatif yang berbahan dasar kopi adapun salah satu tujuan dari dari pelaksanaan ini untuk mengedukasi kelompok tani kopi Kabupaten Toba, agar mampu meningkatkan produksi dan produktivitas kopinya.

Kelompok tani yang kuat dengan manajemen yg terpola apik akn membangkitkan gairah kewirausahaaan sehingga petani memiliki perekonomian yang mapan, kegiatan BIMBINGAN KOMPETENSI KELEMBAGAAN PETANI KOPI, 13102021 di HKBP parsambilan Silaen, berkolaborasi dgn dinas kabupaten Toba, praktisi kopi dan dinas koperasi provsu, dimana ketiga narasumber memberikan paparan materi :

  1. Dari Dinas Pertanian dan perikanan  Kabupaten Toba  kepala bidang perkebunan dengan materi “ Pemberdayaan petani Kopi  dengan penguatan kapasitas dalam pengolahan hasil
  2. Pratiksi kopi Kabupaten Toba dengan materi “ Strategi Pengembangan Manajemen dan Kewirausahaan Tanaman Kopi”
  3. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara Kepala Bidang Kelembagaan  dengan materi “ Pengawalan Pembentukan UKM dan Koperasi”

Diakhir kata Kepala Seksi Kelembagaan dan Penyuluhan Plora Barimbing, SP. MM mengatakan dan menyampaikan harapan Sinergikan seluruh pikiran dan energi untuk mencapai kemakmuran dan kemandirian

Kelompok tani kopi ,belajar dan tetaplah kritis terhadap perubahan2 yang membentang untuk penguatan kelembagaan ,dengan ora et labora kiranya kelompok tani yang merupakan peserta kegiatan bimbingan kompetensi kelembagaan petani kopi tahun 2021 menjadi petani kopi yang berdaya saing tinggi, terbentuk nya kewirausahaan, dan Usaha Kecil Menengah (ukm) Koperasi.

Kiranya informasi ini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua.

HORAS – TERIMAKASIH