Satu-satunya di Sumut, Kebun Kelapa Pandan Wangi Milik Warga Ini Curi Perhatian Wagub

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatra Utara (Sumut) Musa Rajekshah belum lama ini mengunjungi kebun kelapa pandan wangi milik seorang warga di Desa Pantai Cermin Kiri, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Kebun ini ternyata merupakan satu-satunya kebun kelapa pandan wangi yang ada di Sumut. Kebun yang dimiliki oleh warga bernama Jasman ini, bukan tempat menjual kelapa, melainkan tempat pembibitan kelapa pandan wangi.

Momen saat Wagub Musa berkunjung ke kebun kelapa pandan wangi tersebut diunggah di akun Instagram miliknya @musa_rajekshah pada Rabu (19/8).

“Saya datang ke sini, melihat suatu potensi yang luar biasa. Itulah saya datang kemarin melihat langsung dan saya akan coba kolaborasikan, kita sinergikan dengan program pemerintah, apakah memungkinkan kita mendorong masyarakat kita bisa juga membuat usaha pembibitan kelapa pandan wangi ini,” tulis caption di unggahan itu.

Di kebun kelapa pandan wangi milik Jasman ini, semua kegiatan pembibitan dilakukan. Mulai dari menanam bibit, hingga dijual ke pelanggan.

Jasman mengaku, dari mulai menanam bibit kelapa hingga bisa dijual, hasilnya sangat baik. Pelanggan yang sering membeli bibit kelapa pandan wangi dari kebun milik Jasman ini justru mayoritas dari luar Sumut.

“Dari yang tadi kita bincang-bincang, mulai tanam kelapa sampai dengan menghasilkan, sampai dengan biaya produksi dan biaya menghasilkannya sangat baik. Saya mendengar tadi dari Pak Jasman, bagaimana selama ini beliau menjual bibit, ternyata lebih banyak pembelinya dari luar Sumut,” ujar Wagub Musa.

Wagub Musa mengaku merasa sangat tertarik dengan pembibitan kelapa pandan wangi ini. Menurutnya, Sumut memiliki potensi lahan yang banyak dan dengan adanya satu contoh kebun pembibitan yang sudah sukses ini, pihaknya berencana akan mengembangkan perkebunan tersebut.

Ia sangat menyayangkan karena pelanggan yang mencari bibit kelapa pandan wangi ini masih didominasi dari luar Sumut.

“Ini menjadi ketertarikan saya datang kemari melihat langsung. Dan kita akan coba nanti melihat ke depan bagaimana program dari Dinas Perkebunan kita. Apakah memungkinkan masyarakat kita dorong bisa menjadi pekebun kelapa pandan wangi,” lanjutnya.

Peluang pembibitan kelapa pandan wangi ini dirasa bisa berkembang dengan baik, lantaran saat ini kelapa pandan wangi sedang banyak diminati oleh masyarakat di Sumut.

Wagub Musa mengatakan, di restoran-restoran saat ini banyak yang menyajikan kelapa pandan wangi tersebut. Belum lagi, mengonsumsi kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

“Karena memang saat ini, di restoran-restoran kita lihat kelapa pandan wangi ini sangat diminati masyarakat. Apalagi juga untuk kesehatan tubuh, minum air kelapa ini sangat baik,” ujarnya

Dalam kesempatan yang sama Ir. Lies Handayani Siregar, M.MA selaku Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara mengungkapkan “ Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara akan melakukan pengembangan tanaman Kelapa Pandang Wangi dari APBD kepada masyarat untuk di tanam di perkarangan rumah masing-masing sebagai tanaman pekarangan.

Pemilik kebun Blok penghasil tinggi (BPT) kelapa pandan wangi ini harus dibina untuk sebaik-baiknya karena penghasil benih kelapa pandang wangi berasal dari sini.