Kunjungan Kerja Gubernur Sumatera Utara Ke Labuhan Raya dan Asahan

Gubernur Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Labuhanbatu Raya, yakni Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Agenda kunjungan kerja Gubernur Sumut dalam rangka penyerahan bantuan provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021. Kegiatan tersebut bertemakan “Membangun Desa, Menata Kota Menuju Sumatera Utara Yang Agraris dan Bermartabat”, di aula Asrama Haji Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan pada tanggal 4 Agustus 2021. Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Muhammad Yusuf Siagian menyambut kedatangan Gubernur Sumut beserta rombongan dan mengucapkan selamat datang di Kabupaten Labuhanbatu. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menjelaskan hasil Perbandingan Produksi dan Kebutuhan Pangan di Wilayah Sumatera Utara Tahun 2020.

Pada pertemuan tersebut Gubernur Sumut mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar menggunakan dana desa dengan sebaik baiknya, desa dapat berkreativitas dalam membangun desanya, dana desa dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Setiap desa memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Kepala desa harus kreatif dan inovatif sehingga potensi desa dapat tergali. Dalam acara tersebut, Gubernur menyerahkan bantuan alat mesin pertanian dan alat penyemprot hama, berupa 2 Unit Cultivator, 2 Unit Hand Traktor dan 8 Unit Hand Sprayer. Acara dihadiri  para Kepala Desa, Para Lurah dan Para Camat beserta OPD se Kabupaten Labuhanbatu dan berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kunjungan kerja dilanjutkan pada tanggal 5 Agustus 2021 ke Labuhanbatu Utara.  Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, SE, MM, dan Wabup H. Samsul Tanjung, ST, MH, menyambut kedatangan Gubernur Sumatera Utara untuk silaturahmi dengan Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, dan Kepala Sekolah SMA/SMK Se Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Tanjung Balai, yang bertempat di Aula Fajar Dolpa, Aek Kota Batu, Kecamatan Na IX X. Mengawali sambutannya Bupati Hendriyanto menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat datang serta kehormatan atas kehadiran Gubsu beserta Ketua TP PKK Provsu  Ny. Nawal Edy Rahmayadi dan rombongan dalam rangka tatap muka dengan kami masyarakat Di Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok. Dalam kesempatan yang sama Gubsu H. Edy Rahmayadi dalam arahannya mengambil tema “Kualitas SDM Dan Kemajuan Bangsa” serta menyampaikan apresiasi atas penyambutan dari Pemkab Labuhanbatu Labura beserta masyarakat termasuk yang utama adalah ingin bertatap muka dengan para Kepala Desa agar dapat membantu program Pembangunan Desa.

Selain itu di Desa Sungai Raja Kec NA IX-X juga dilaksanakan Launching Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) pada Gapoktan Mugi Rahayu seluas 88.61 Ha. Launching ini menjadi suatu motivasi kepada petani agar Peremajaan Kelapa Sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara dapat dikembangkan dan ditingkatkan sesuai dengan harapan kita semua. Tanam perdana oleh Gubernur Sumatera Utara diwakilkan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara diikuti juga oleh Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labhuhanbatu Utara, Ketua KTNA Labuhanbatu Utara, Kepala BPP NA IX.X, Kepala Desa Sungai Raja dan Ketua Gapoktan.

Pada acara ini juga diserahkan pupuk dan herbisida secara simbolis kepada 5 kelompok tani di Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan jumlah keseluruhan bantuan sebesar 20.000 kg pupuk dan 200 liter herbisida kegiatan Intensifikasi Tanaman Kelapa Sawit yaitu  kelompok tani:

  • Panca Baru Desa Aek Hitetoras Dusun III Kec. Marbau,  jumlah pupuk 5.000 kg dan 50 liter herbisida.
  • Kenari Desa Aek Hitetoras Dusun IV Kec. Marbau, jumlah pupuk 4.000 kg dan 40 liter herbisida.
  • Maju Bersama Desa Padang Maninjau Kec. Aek Kuo, jumlah pupuk 3.000 kg dan 30 liter herbisida.
  • Sahata Saoloan Desa Siamporik Kec. Kualuh Selatan, jumlah pupuk 4.000 kg dan 40 liter herbisida.
  • Matahari Desa Londut Kec. Kualuh Huluh, jumlah pupuk 4.000 kg dan 40 liter herbisida.

Kunjungan Gubernur dilanjutkan ke Kabupaten Asahan. Kunjungan pertama dilakukan ke PT Hijau Surya Biotechindo yang merupakan salah satu PT pengembangbiakan bibit pisang barangan dan kepok di Sumatera Utara yang bertempat di Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat, hari ini Pada kunjungan tersebut gubernur dan rombongan didampingi oleh Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, beberapa OPD terkait, Direktur PT Hijau Surya Biotechindo dan Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus melihat secara langsung proses pembibitan benih pisang dan proses pengembangbiakan bibit pisang di Laboratorium dan Nursery Hijau Surya PT Hijau Surya Biotechindo. Gubernur meminta agar PT Hijau Surya Biotechindo dapat bekerjasama dengan Pemerintah dan mengembangkan pembibitan ini sehingga bermanfaat bagi masyarakat. PT Hijau Surya Biotechindo membutuhkan dukungan dan arahan dari Pemerintah dalam mengembangkan bibit pisang ke depannya agar lebih baik.

Kunjungan dilanjutkan ke Rumah Dinas Bupati Asahan. Pada kunjungannya, Gubernur Sumatera Utara menyampaikan kepada Bupati Asahan Agar meningkatkan prokes di Kabupaten Asahan dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap menjalankan Prokes untuk menekan penyebaran Covid-19 Khusus di Kabupaten Asahan. Bupati Asahan H.Surya BSc pada sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Ramahyadi berserta rombongan di Kabupaten Asahan. Pemerintah Kabupaten Asahan siap melaksanakan dan mensosialisasikan apa yang menjadi anjuran pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Asahan. Pada kesempatan ini Gubernur juga menekankan beberapa hal antara lain : Kepala desa berupaya kreatif dan inovatif sehingga dapat menggunakan dana desa sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat desa. Gubernur mencontohkan Desa Agrowisata Paloh Naga Deli Serdang,  dalam memanfaatkan dana desa harus ada monitoring dan evaluasi sehingga pembangunan desa dapat terarah, munculkan sikap peduli dengan menggunakan hati nurani dan Gubernur juga berpesan kepada

Pada acara ini juga diserahkan pupuk dan herbisida secara simbolis kepada 4 kelompok tani di Kabupaten Asahan masing masing kelompok menerima 5.000 kg pupuk dan 50 liter herbisida pada kegiatan Intensifikasi Tanaman Kelapa Sawit yaitu  kelompok tani :

  • Tunas Baru Desa Karya Ambalutu,  Kec. Buntu Pane
  • Tani Mulya Desa BP Mandoge, Kec. BP. Mandoge
  • Abadi Desa Pulau Tanjung  Kec. Teluk Dalam
  • Rukun Dame Desa Teluk Dalam Kec. Teluk Dalam