Kementan Dukung Indonesia Spices, Business Forum di Kawasan Danau Toba

Kementerian Pertanian diwakili Dirjen Perkebunan Slamet Bejo Santoso,SP menyatakan pihaknya mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Indonesia Spices, Business Forum.(ISBF) dan Seminar World 2021 di kawasan DanauToba Sumatera Utara 9-11 Desember 2021.

Pernyataan itu disampaikan pada Dialog Publik Merebut Kejayaan Rempah Indonesia di Medan Club Jalan Kartini Medan,.Kamis 1/7/2021. Kegiatan ini digelar Kadin Sumut bersama Dewan Rempah Indonesia (DRI)

Dalam kesempatan itu Dirjen Perkebunan Slamet Bejo Santoso menyerahkan mandat DRI kepada Hj Nawal Lubis (isteri Gubernur Sumut,Edy Rahmayadi) sebagai calon Ketua DRI Sumatera Utara.Sedangkan Direktur Eksekutif DRI Ir Suhirman msenyerahkan Buku Rempah Indonesia.

Penyerahan mandat DRI dan bukuRempah Indonesia ini disaksikan Kadis Perkebunan Sumut, Wakil Ketua umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Dian Prasetio, Ketua Umum Kadin Sumut Khairul Mahalli, Wakil.Ketua Umum Tonny Silvaraj, Wakil Ketua Umum Bidang.BUMN/BUMD Heri Batangari Nasution dan pengurus Kadin lainnya.

Dirjen menyebutkan ISBF yang akan digelar di kawasan Danau Toba juga mendapat dukungan dari Sabang hingga.Marauke. Apalagi bapak Ptesiden Jokowi menyarankan agar Indonesia mampu merebut kembali kejayaan Rempah Indonesia di.masa datang.

“Negara negara Eropa juga menginginkan Indonesia mengbalikan kejayaannya di sektor rempah yang mampu “membubui.dunia”.
Kementan siap mengadakan.workshop untuk mengembalikan kejayaan rempah,” ujar Slamet

Dia menjelaskan pada tahun 2017-2020 rempah Indonesia masih tetap terpuruk. Atas dasar Itu diadakan IISBF di.kawasan Danau Toba. Kementan akan mengundang presiden untuk membuka acara tersebut.

“Kami tak mungkin melakukan sendiri tanpa dukungan Pemerintah Sumatera.Utara.Bahkan
kami sudah ada konfirmasi dari Belgia dan beberapa negara Eropa. Mereka sangat menaruh perhatian terhadap rempah Indonesia yang berkualitas tinggi,” ujar Dirjen.

Dia menambahkan pada ISBF juga didakan forum diskusi dan peringatan Hari Rempah Nasional ke 500 sekaligus melantik ketua DRI Sumut Hj Nawal Lubis.

Ketua.Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan, Dian Prasetio.menyatakan hal sama. Pihaknya mendukung kegiatan ISBF yang akan didakan Kadin Sumut dan DRI. Diharapkan kegiatan ini menjadi momentum bangkit kembali kejayaan rempah Indonesia

“Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi rempah luar biasa. Kadin hadir untuk mendorong pemberdayaan kembali rempah di Sumut khususnya dan Indonesia umumnya untuk mengembalikan kejayaan rempah negeri ini seperti zaman dulu. Namun kita harus ada.kesepakatan bersama,” ujar Dian.

Ketua Umum Kadin Sumut Khairul Mahalli menyatakan siap menjalin hubungan dengan Atase Perdagangan Luar Negeri dalam upaya menjajaki peluang pasar ekspor rempah nasional. Bahkan pada bulan Desember nanti Kadin siap memfasilitasi ekspor produk rempah Sumut “Andaliman”.

Mahalli menyambut baik atas kepercayaan DRI kepada Kadin untuk menyelenggarakan IDBF di kawasan Danau Toba..”Kita harus berupaya keras bersama- sama mengangkat kembali marwah rempah Indonesia,” ucap Mahalli yang juga Ketua Umum DPP Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI).