PENGENDALIAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (PBKo) TAHUN 2021 KABUPATEN MADINA

Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melalui Bidang Perlindungan dan Penataan Sumber Daya terus melakukan upaya peningkatan kuantitas dan kualitas kopi petani pekebun dan meningkatkan kesadaran petani akan pentingnya kerja sama dan komunikasi dalam pengendalian OPT untuk memperkuat sektor perkebunan salah satunya dengan melakukan kegiatan Pengendalian Hama Penggerek Buah Kopi (PBKo).

            Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan terkait teknik pengendalian hama PBKo dan pengendalian hama penyakit pada tanaman kopi secara umum serta memberikan motivasi kepada petani agar mereka mau, tau, dan mampu dalam melakukan pengelolaan yang tepat di kebunnya masing – masing.

Adapun kegiatan ini dilakukan di 3 (tiga) Kabupaten Mandailing Natal.

Diawali pembukaan oleh Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal serta arahan  dari Kasi Pengamatan dan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan dan dilanjutkan dengan penjelasan singkat seputar Hama Penggerek Buah Kopi (PBKo) oleh Narasumber dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP) Mandailing Natal dan Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal.

Kegiatan ini dihadiri oleh 3 Kelompok Tani diantaranya Kelompok Tani Bersama Desa Sibio-bio, Kelompok Tani Gembira Desa Pagar Gunung, Kelompok Tani Kembang Desa Simpang Tolang Julu.

            Jumlah peserta masing-masing kabupaten sebanyak 95 orang. Langkah konkrit Dinas Perkebunan dalam mendukung peningkatan kuantitas dan kualitas kopi petani di 3 (tiga) Kabupaten adalah dengan memberikan  bantuan alat pengendalian berupa knapsack sprayer 1 (satu) buah per petani dan jamur Beauveria bassiana sebanyak 3 kotak per petani.