PELATIHAN PEMBEKALAN TEKNIS PEKEBUN UNTUK PERSIAPAN ISPO PETANI/PLASMA DI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA DAN KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Pertemuan pelatihan pembekalan teknis pekebun untuk persiapan ISPO petani/plasma dilakukan di 2 (dua) kabupaten, yaitu Kabupaten Padanglawas Utara dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

1.)  Pelaksanaan di Kabupaten Padanglawas Utara dilaksanakan tanggal 9 Juni 2021 pukul 09.00 WIB di Kantor Dinas Pertanian Komplek Perkantoran GOR, Jl. Lintas Langga payung Gunung Tua, Km.4 Gunungtua, Kabupaten Padanglawas Utara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padanglawas Utara yang dihadiri 30 (tigapuluh) orang dari kelompok tani. Narasumber pada pertemuan tersebut berasal dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Praktisi Perkebunan (Kompasia Empiro Institute) serta Dinas Pertanian Kabupaten Padanglawas Utara.

2.) Pelaksanaan di Kabupaten Tapanuli Selatan dilaksanakan tanggal 10 Juni 2021 pukul 10.00 WIB di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Muara Manompa Kelurahan Muara Manompa Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupten Tapanuli Selatan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan diwakili oleh Kepala Seksi Perlindungan dan Perbenihan yang dihadiri 30 (tigapuluh) orang dari kelompok tani,. Narasumber pada pertemuan tersebut berasal dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Praktisi Perkebunan (Kompasia Empiro Institute) serta Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dalam rangka mendukung percepatan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO), maka Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melakukan pembekalan teknis pekebun untuk

persiapan ISPO Petani/Plasma di 2 (dua) Kabupaten yaitu Kabupaten Padanglawas Utara dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Adapun materi yang dibahas pada pertemuan ini mencakup :

  1. Tata cara pelaksanaan ISPO untuk pekebun
  2. Penguatan kelembagaan pekebun kelapa sawit dalam mendukung persiapan ISPO petani/plasma
  3. Prinsip dan kriteria ISPO

Sertifikasi ISPO kepada pekebun dilakukan dengan menerapkan 5 prinsip yaitu :

(1) Kepatuhan terhadap peraturan dan perundangan.

(2) Penerapan praktek perkebunan yang baik,

(3) Pengelolaan lingkungan hidup, sumberdaya alam dan keanekaragaman hayati,

(4) Penerapan tranparansi.

(5) Peningkatan usaha berkelanjutan

Tujuan dari pertemuan pelatihan pembekalan teknis pekebun ini adalah :

  1. Mendapatkan informasi lebih detail terkait sertifikasi ISPO menurut Permentan nomor 38 tahun 2020.
  2. Mendiskusikan kesiapan pekebun plasma dan swadaya (smallholder) dalam menghadapi kewajiban sertifikasi ISPO.
  3. Mendiskusikan solusi bagi kendala yang dihadapi pekebun swadaya.