Peningkatan Capacity Building Petugas PIP/APHP dan Evaluasi Pelayanan Informasi

Pertemuan Peningkatan Capacity Building Petugas PIP/APHP dalam rangka Peningkatan Kompetensi Petugas PIP dan Evaluasi Pelayanan Informasi Pasar Sub Sektor Perkebunan wilayah barat yang dilaksanakan pada hari Selasa – Kamis tanggal 16 – 18 Maret 2021 bertempat di Hotel Le Polonia Medan di buka secara resmi oleh Bapak Direktur PPH Perkebunan, acara di dahului dengan sambutan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ibu Ir. Lies Handayani Siregar, M.MA dengan memberikan sambutan selamat datang.

Peserta terdiri dari 17 (tujuh belas) Dinas yang membidangi perkebunan se – Provinsi Wilayah Barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Bengkulu, Provinsi Lampung, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi D.I.Yogyakarta, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah dengan jumlah peserta 3 (tiga) orang dari tiap provinsi, dengan tetap mengikuti panduan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tujuan utama pertemuan ini adalah merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam memberikan informasi terkiat dengan pasar, baik data harga maupun informasi lainnya tentang pasar sekaligus memberikan petunjuk tata cara mengolah data informasi harga komoditi perkebunan di wilayah masing-masing secara cepat, tepat dan akurat serta diupload melalui Aplikasi SIPASBUN.

Pertemuan diisi oleh para Narasumber terdiri dari  :

1.   Direktur PPh Perkebunan dengan materi Kebijakan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan

2.   Koordinator Substansi Pemasaran Hasil dengan materi Evaluasi Pelayanan Informasi Pasar Produk Perkebunan Unggulan T.A. 2021

3.   Fungsional Analis Pasar Hasil Pertanian Ahli Madya-BKP dengan matrei Capacity Building Analisis Strategi Perkembangan Pasar Metode Regresi Berganda dan Metode Constant Market Share (CMS)

4    Universitas Sumatera Utara dengan materi Capasity Building Analisis Data Pemasaran secara Produk Perkebunan secara Komprehensif meliputi Analisis Peluang Pasar dan Analisis Distribusi Pemasaran

5.   Dr. Nugroho Setyabudhi S. Komp, MM dengan materi Sistem Informasi Pengolahan Data Harga Perkebunan Dalam Aplikasi SIPASBUN

6    Sub koordinator Pemasaran Domestik dengan materi Metode Pengumpulan Pengolahan, dan Pengiriman data Melalui Aplikasi SIPASBUN (teori dan praktek).

Para peserta terlihat sangat antusias dalam diskusi yang berlangsung dengan  para peserta dan para narasumber, dan pertemuan berakhir pada hari Kamis pukul 12.00 Wib dan ditutup oleh Dr. Nugroho Setyabudhi S. Komp, MM.