Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi “II” DPRD Kabupaten Samosir.

Dalam rangka memperoleh informasi tentang Program dan arah kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara khususnya pada sub sektor perkebunan tentang Pengendalian Organisme Pengganggu  Tumbuhan (OPT),  Komisi II DPRD Kabupaten Samosir  yang diketuai oleh Bapak Pontas Marroha Siregar selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir,  telah melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara pada hari Rabu, tanggal 10 Maret  2021, pukul 10.00 WIB.

Pertemuan kunker dilaksanakan di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan diterima oleh Bapak Banua Pane, SP,M.Si  Administrator UPT Proteksi Tanaman Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang didampingi oleh Ibu Ir.Mariani Pengawas Seksi  Pengamatan dan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman dan Ibu Tsarwah, SP Pengawas seksi Gangguan  Usaha dan Konservasi Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. Pada pertemuan dimaksud  disampaikan bahwa terkait Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) adalah :

1.  Dari tahun sebelumnya hingga tahun 2021 Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini bidang Perlindungan dan PSD telah melakukan kegiatan dan program terkait Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT).

2. Telah dilaksanakan pendistribusian bahan dan alat sebagai pendukung pengendalian Hama penggerek buah kopi di Kabupaten Samosir.

3   Meningkatkan kerjasama dan memperkuat kelompok tani serta kearifan lokal Pemkab.Samosir dalam hal mendukung petani pekebun di Samosir baik Anggaran Daerah dan perhatian sebagai Wakil Rakyat.

4.  Akan dialokasikan bantuan bibit kopi dan prasarana yang telah direncanakan Tahun 2021.

Pada kesempatan ini Wakil Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Samosir juga mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara agar dapat mengakomodir program/kegiatan yang terkait dengan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT),  pengembangan komoditi perkebunan khususnya di wilayah  Kabupaten Samosir melalui fasilitasi dana APBD TA.2021