Pertemuan Fasilitasi Pembinaan Kelembagaan Usaha Produksi Dan Unit Pelaksana Teknis Perbenihan

Kegiatan Pertemuan ini dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  yang di buka oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran sekaligus PPK Satker Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara   pada  hari Senin tanggal 11 Desember 2020 pukul 08.00 win s/d selesai.

Acara ini dihadiri oleh  20 orang produsen benih dari 8 kabupaten yaitu Deli Serdang, Simalungun, Karo, Dairi, Humbahas,  Langkat, Serdang Bedagai dan Tapanuli Utara (daftar Undangan terlampir) dan yang bertindak sebagai narasumber ada 4 yaitu 

  1. Balai Penelitian Sei Putih dengan judul materi ‘ Mendongkrak Produktivitas Tanaman Karet dengan Benih Unggul”,
  2. General Manager Starbuck Farmer Support Center dengan judul materi “ Budi Daya Kopi Menurut GAP”
  3. Dinas Penanaman Modal & Perizinan Terpadu Satu Pintu Judul Materi  “Tatacara Pengajuan Izin Usaha Perkebunan (Ijin Produsen Benih) “
  4. Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan dengan Judul materi “ Sertifikasi, Pengawasan Mutu dan Peredaran Benih”

Tujuan utama dari kegiatan yaitu Peningkatan Kapabilitas SDM Perbenihan Perkebunan  untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan menumbuhkan kesadaran produsen benih untuk menggunkan benih yang standard. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah produsen benih perkebunan. Pertemuan ini juga diharapkan bisa mendapatkan informasi  informasi  tentang ketersediaan benih pada setiap produsen benih  sehingga untuk kegiatan tahun 2021 keperluan benih siap tanam dapat diperoleh data ketersediaan benih. Para peserta sangat antusias dalam berdiskusi apalagi salah satu peserta dari Dairi (Pak Kaban) yang memang punya masalah tentang  perijinan calon kebun sumber benih  Vanili, beliau mempertanyakan kepada narasumber dari Badan Satu Pintu terkait dengan  masalah yang dihadapi dalam memperioleh izin produsen benih.