KUNJUNGAN KERJA KOMISI B DPRD KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Sehubungan dengan agenda kerja Komisi B DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah telah dilaksanakan kunjungan ke Dinas Perkebunan dalam rangka konsultasi pada tanggal 15 Desember 2020 yang dihadiri sebanyak 11 orang anggota DPRD dan 2 (dua) orang staf Sekretariat DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah. Kunjungan komisi B DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan tersebut, diterima oleh Kepala Seksi Pengawas Pupuk, Alat dan Mesin, Bapak Martin Sibagariang, S.Pt, M.MA  mewakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang didampingi oleh jajaran Eselon IV antara lain: Frans Ferdinan Tugatorop, SP, , Dameria R. Saragih, SP,MM, Dra. Dewiana, MM dan Dra. Tukmaida Siregar, MM

Adapun maksud dan tujuan kunjungan kerja yang disampaikan oleh Ketua Komisi B yaitu dalam rangka konsultasi tentang program/kegiatan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara tahun 2021 dalam mendukung perkebunan di Kabupaten Tapanuli Tengah mengingat Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki beberapa komoditi perkebunan seperti : kelapa, karet, kelapa sawit, kakao dan aren. Seperti contoh produksi aren petani yang saat ini sebahagian telah diolah menjadi gula semut dengan alat pengolahan yang masih sederhana, sehingga membutuhkan peralatan yang lebih modern sehingga mampu menekan biaya produksi serta menghasilkan mutu yang lebih baik yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai tambah bagi petani aren.

Pada kesempatan tersebut disampaikan oleh Bapak Martin Sibagariang, bahwa untuk Program/Kegiatan Dinas Perkebunan Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Tapanuli Tengah hanya Kegiatan Intensifikasi Tanaman Produksi mengingat jumlah anggaran yang sangat terbatas pada Dinas Perkebunan Sumatera Utara. Untuk itu disampaikan kepada Komisi B DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah agar menyampaikan kepada Dinas yang membidangi perkebunan di Kabupaten Tapanuli Tengah agar koordinasi dengan Dinas Perkebunan terkait dalam hal mengusulkan kegiatan tahun 2021.