Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Memberikan bantuan sembako untuk korban banjir di Medan

Banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah kota Medan pada Jumat, 04 Desember 2020 mengakibatkan beberapa warga di kota Medan harus mengungsi karena rumahnya terendam banjir dan tidak bisa dihuni sementara waktu. Tak banyak yang bisa di selamatkan, karena banjir di beberapa wilayah sudah mencapai sepinggang orang dewasa, bahkan ada yang sampai ke atap rumah. Pada saat kejadian banjir bandang tersebut Tim SAR dan BPBD Kota Medan selaku tim evakuasi penanggulangan bencana banjir menyatakan ada beberapa korban yang tewas yakni 5 orang dan antara lain terjadi dari perumahan De Flamboyan, Kelurahan Tanjung Selamat, Medan Tuntungan.

Saat diwawancarai, Lurah Budiyah menceritakan terjadinya banjir akibat curah hujan di Medan dan sekitarnya sangat tinggi mulai Jumat (4/12/2020) pukul 01.00 WIB dini hari, debit air makin tinggi dan mengakibatkan ribuan rumah tergenang air. Khusus di Komplek Perumahan Griya Nusa Tiga, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan ini, sekira 122 rumah tergenang air hingga 1,80 meter.

Gelombang bantuan dari berbagai pihak pun mulai berdatangan sejak Jum’at pagi hingga saat ini, untuk meringankan beban para korban di tempat pengungsian. Pasalnya, hujan kerap datang sehingga banjir susulan beberapa kali menghampiri rumah para korban.

Melihat hal ini, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara terpanggil untuk membantu dengan menggalang dana dari para  Pegawai dan Dharma Wanita yang ada di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara agar dapat meringankan beban para korban banjir.

Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara YENNI MELINDA, S.Sos, M.Si, Senin (07/12) sore mengatakan, langkah yang diambil Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara merupakan wujud kepedulian dan solidaritas atas bencana yang sedang dihadapi masyarakat Kota Medan dan sekitarnya, terkhususnya masyarakat sekitar kecamatan Medan Maimun sebagai korban yang cukup parah dan daerah tanjung Selamat. Hasil donasi sudah kita belanjakan obat-obatan, sembako, makanan dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Pada Hari Jumat Kemarin kita sudah salurkan ke masyarakat kecamatan Medan Maimun dan penyaluran tahap II dilaksanakan setelah Sholat Jumat dan disalurkan ke masyarakat Kampung Aur dan Jl. Flamboyan. Sambung beliau.

Plt Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  Ir. NAZLI M.MA berharap agar dapat membantu para korban bencana banjir. Selain itu, ia juga mengucapkan syukur atas solidaritas seluruh jaringan pegawai Dinas Perkebunan Provinsi  Sumatera Utara. Mereka mau menyumbangkan materi dan tenaga untuk teman maupun masyarakat terdampak. Semoga dengan bantuan kita, masyarakat terdampak bisa terbantu, serta doa kita bersama agar musibah ini cepat selesai”, tutupnya.

Kegiatan Peduli Kasih korban terkena bencana alam yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara seyogiayanya akan tetap berkelanjutan dalam memberikan sumbangan bagi para masyarakat/korban yang terkena bencana alam demi mendukung kesejahteraan kehidupan bermasyarakat.