Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi C DPRD Kabupaten Toba

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Toba di bidang perkebunan dan untuk meningkatkan pelaksanaan tugas serta fungsi pengawasan DPRD Kabupaten Toba telah dilaksanakan kunjungan kerja ke kantor Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara pada Selasa tanggal 13 Oktober 2020. Rombongan Tim Kunker Komisi C DPRD Kabupaten Toba diterima oleh Bapak Ir. Nazli, M.MA selaku Plt. Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. Pada pertemuan dimaksud pimpinan komisi C DPRD Kabupaten Toba mengharapkan dukungan program/kegiatan yang terkait dengan pengembangan tanaman kopi mengingat kopi merupakan komoditi unggulan perkebunan di Kabupaten Toba yang telah memiliki sertifikasi Indikasi Geografis. Indikasi Geografis (IG) adalah tanda yang menunjukkan daerah asal suatu produk yang karena faktor lingkungan geografis dapat memberikan karateristik tertentu terhadap produk tersebut. Dengan adanya sertifikasi Indikasi Geografis ini maka kopi dari Kabupaten Toba telah mendapatkan reputasi pasar karena kualitas rasa yang spesial.

Selain kopi, aren merupakan komoditas yang akan dikembangkan di wilayah Toba. Tanaman aren merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat.  Potensi budidaya aren ini memang sangat besar dan menjanjikan. Budidaya aren mampu mendatangkan untung dengan nilai yang fantastis sehingga mampu untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Kabupaten Toba mengharapkan dukungan melalui pemberian bantuan benih aren untuk masyarakat/petani.                          

Untuk rencana program/kegiatan TA. 2021 Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Toba difokuskan pada kegiatan yang terkait dengan pengembangan tanaman kopi diantaranya optimasi tanaman kopi, peningkatan kelembagaan kelompoktani kopi, pelatihan pengendalian hama tanaman kopi serta pelatihan/sekolah lapang pasca panen dan pengolahan kopi. Untuk penetapan kelompoktani penerima bantuan saprodi dilaksanakan melalui koordinasi dengan dinas yang membidangi perkebunan Kabupaten sesuai dengan usulan/proposal yang masuk dari petani/kelompok tani.