PENYERAHAN BANTUAN PENGADAAN BELANJA HIBAH BARANG YANG TELAH DISERAHKAN KEPADA MASYARAKAT

Karet adalalah salah satu komoditi unggulan bidang perkebunan yang merupakan komoditi ekspor dan penyumbang devisa negara yang harus  mendapat pengawalan dan pembinaan dari pemerintah. Realisasi ekspor karet Sumatera Utara tahun 2019 sebanyak 461.078 ton. Dalam keadaan resesi atau krisis ekonomi komoditi perkebunan tetap eksis dan mampu bertahan dibadingkan komoditi pertanian lainnya dimana  nilai eskpornya cukup  tinggi seiring dengan menguatnya nilai tukar dollar terhadap rupiah. 

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk lebih meningkatkan produksi hasil perkebunan terutama perkebunan rakyat  dengan menerapkan berbagai inovasi  teknologi,  penguatan pemberdayaan petani, optimalisasi  kelembagaan petani  dan penguatan akses pasar  yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri.

Perdagangan komoditas perkebunan pada era globalisasi ekonomi saat ini, mengakibatkan terjadinya transparansi pasar yang sangat kuat. Pada umumnya skala usaha komoditi perkebunan  di Indonesia masih relatif rendah, tersebar, dengan kualitas produk yang beragam. Tata niaga pemasaran produk perkebunan  masih panjang, sehingga disatu sisi memberikan tekanan pada konsumen dalam bentuk harga yang tinggi dan fluktuatif, di sisi lain tekanan pada produsen dalam bentuk proporsi harga yang diterima relatif lebih rendah. 

Disparitas harga antar daerah diakibatkan oleh, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau yang dihubungkan oleh lautan dan selat, serta sentra produsen komoditas perkebunan yang banyak terletak di remote area dan daerah peripheral, sementara konsumen maupun industri terletak di pusat-pusat kota. Kondisi ini mengakibatkan terciptanya daerah surplus dan minus sebagai akibat dari ketidakseimbangan penawaran dan permintaan di sentra– sentra konsumen. 

Pengembangan kelembagaan pasar melalui Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) dan pengembangan pasar lelang karet dapat memberikan manfaat yang positif terhadap petani terutama dari segi harga yang relatif dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa melalui kelembagaan. Sampai  saat ini kelembagaan pasar lelang yang sudah berkembang adalah di  kelembagaan karet. Dengan melalui pasar lelang terjadi transparansi harga terutama bagi petani yang selama ini  banyak dibohongi pabrik crumb rubber.

Jatuhnya harga karet dunia yang berdampak pada harga karet petani di Indonesia agak terobati dengan hadirnya kelembagaan UPPB yang memberikan nilai tambah cukup baik. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan perusahaan terhadap pekebun akan mutu bokar sesuai dengan yang diharapkan oleh pabrikan

Tujuan dari kegiatan Fasilitasi Pemasaran Karet Melalui Penguatan kelembagaan UPPB Tahun Anggaran 2020  adalah:

  1. Mengajak pekebun untuk menghasilkan bokar yang bermutu baik,
  2. Mendorong pekebun untuk melakukan optimalisasi kelembagaan pekebun
  3. Memberi kesempatan kepada pekebun atau produsen untuk melakukan kerjasama pemasaran dengan para industri atau pabrikan,
  4. Melakukan pengembangan jaringan pemasaran dengan para pemangku kepentingan lainnya,
  5. Meningkatkan nilai tambah bagi pekebun dan memangkas rantai pasar yang cukup Panjang.

Tujuan dari Pemberian Hibah Mesin Destalasi Asap Cair adalah untuk meningkatkan nilai tambah bagi pekebun dengan meningkatkan kualitas hasil sadap dengan kwalitas mutu trebaik sehingga dapat memangkas rantai pasar  yang cukup panjang kegiatan Fasilitasi Pemasaran Karet Melalui Penguatan kelembagaan UPPB Tahun Anggaran 2020 , Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  memberikan bantuan Pengadaan Mesin Destalasi asap cair yang diserahkan kepada Kelompok tani berupa Hibah kepada :

  1. Kelompok Tani Mawar yang terletak di Desa Ujung Bandar Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat yang diketuai oleh Bapak Poniman diserahkan pada tanggal 25 Juni 2020.
  2. Kelompok Tani Mbuah Page yang terletak di Desa Kuta Jurung Kecamatan STM Hilir  Kabupaten Deli Serdang yang diketuai oleh Bapak Sungkenan Tarigan diserahkan pada tanggal 26 Juni 2020
  3. Kelompok Tani Makmur yang terletak di Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah  Kabupaten Serdang Bedagai yang diketuai oleh Bapak Ramli diserahkan pada tanggal 27 Juni 2020
  4. Kelompok Tani Suka Makmur yang terletak di Desa Panompuan Jae Kecamatan Angkola Timur  Kabupaten Tapanuli Selatan yang diketuai oleh Bapak Nasrun Hasibuan diserahkan pada tanggal 29 Juni 2020

Bantuan Pengadaan Mesin Destalasi asap cair yang diserahkan kepada Kelompok Tani berupa Hibah  sebanyak 1 (satu) setiap Kelompok Tani, Pengadaan Mesin Destalasi Asap Cair untuk Kegiatan Fasilitasi Pemasaran Karet Melalui Penguatan Kelembagaan UPPB Tahun Anggaran 2020 yang semula berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor PL.410/01/APBD /F/II/2020 tanggal 03 Pebruari 2020 dan mengalami perubahan / addendum pertambahan waktu berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor 001/ADDENDUM/SPK/APBD/F/V/2020 tanggal 04 Mei 2020, dikarenakan pengiriman barang serta perindistribusian barang ke Kabupaten tertunda akibat Covid 19 dengan spesifikasi sebagai   berikut :

Kapasitas : 100 liter potongan kayu/ tempurung kelapa per proses

  1. REAKTOR PEMBAKARAN QTY 1 Unit
  2. Dimensi   

Diameter  : 600 mm

Tinggi       : 1.000 mm

  • Bahan       : Mild Steel t : 3 mm
  • Linning      : Castable&MS plate
  • Pintu pemasukan bahan : Mild Steel ukuran 500 x 500 mm
  • Pintu pengeluaran abu : Mild Steel ukuran 200 x 350 mm
  • Saluran asap keluar : Pipa 4 inch dengan katup pengaturan
  • Saluran udara masuk : Pipa 4 inch dengan katup pengaturan

Fungsi   : Wahana terjadinya proses pembakaran tidak sempurna dari potongan kayu/ tempurung kelapa sehingga terjadi asap.

  • REAKTOR PENGEMBUNAN QTY 1 Unit
  • Dimensi

     Diameter     : 500 mm

     Tinggi : 1.000 mm

  • Bahan         : Mild Steel t : 2 mm
  • Pipa pendingin        : Pipa gavanis 2”, 8 pcs
  • Saluran asap keluar : Pipa 4 inch dengan katup pengaturan
  • Saluran asap cair : Pipa 4 inch dengan wadah penampungan

Fungsi : Wahana terjadinya perubahan fase asap menjadi asap cair dengan bantuan pendingin air.

  • POMPA SIRKULASI AIR PENDINGIN QTY 1 UNIT

–    125 Watt/ 220 V/ 25 liter per menit

–    Brand Panasonic

Fungsi  : Mengalirkan air dari bak penampungan ke reaktor pengembunan

Penyerahan bantuan dilengkapi dengan dokumen berupa ; 1. Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) 2. Berita Acara Penyerahan Bantuan Pengadaan dari Pihak I Kepada Kelompok Tani (antara lain a). Kelompok Tani Mawar terletak di Kabupaten Langkat diserahkan pada tanggal 25 Juni 2020, b). Kelompok Tani Mbuah Pange terletak di Kabupaten Deli Serdang diserahkan pada tanggal 26 Juni 2020, c). Kelompok Tani Makmur di Kabupaten Serdang Bedagai diserahkan pada tanggal 27 Juni 2020 dan d). Kelompok Tani Suka Makmur di Kabupaten Tapanuli Selatan diserahkan pada tanggal 29 Juni 2020) 3. Surat Pernyataan Kelompok Tani yang Diketahui oleh Kepala Desa, PPL dan Kepala Dinas Kabupaten terkait yang menerima bantuan, serta surat Pernyataan oleh oleh Kelompok Tani Penerima.

Bantuan Mesin Destalasi Asap Cair telah diterima oleh ke 4 (empat) kelompok tani penerima, akan tetapi belum dapat di fungsikan sebagaimana mestinya, karena teknisi untuk mempraktekkan penggunaannya, disebabkan  situasi saat ini belum memungkinkan untuk datang ke Sumatera Utara, Teknisinya rencananya akan datang pada pertengahan bulan Juli, info dari Rekanan Pengadaan Mesin Destalasi Asap cair.

Pin It on Pinterest