OUTBOND DINAS PERKEBUNAN PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2020

Outbond Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dilakukan dengan melibatkan Seluruh ASN dan Non ASN Lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan Out Bound merupakan  kegiatan Tahunan dalam rangka menjalin persatuan dan kekompakan serta menumbuhkan rasa kebersamaan sesama pegawai dilingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan Outbond sendiri dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang diadakan pada tanggal 13 – 14 Maret 2020 di Taman Simalem Resort, Kecamatan Merek Kabupaten Karo

Selain untuk mempererat tali silaturahmi, kegiatan juga berfungsi sebagai penyegaran dan refresing bagi seluruh staf dari berbagai rutinitas sehari-hari yang melelahkan baik secara fisik maupun psikis. Salah satu bentuk program dalam outbound adalah team building goal yang menunjukakan bahwa kerjasama adalah suatu hal yang mutlak diperlukan dalam pencapaian tujuan. Berbagai permasalahan akan dihadapi oleh peserta dimana mereka tidak mungkin menghadapinya sendiri. Saling tergantung, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari acara ini. Pada tahun ini Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara memilih kegiatan outbond dengan metode Jungle treak. Pada dasarnya program Jungle Treak Outbound bertujuan untuk membangun daya tahan peserta, baik daya tahan fisik maupun daya tahan mental spiritual agar peserta mampu beradaptasi dalam tentangan seberat apapun, baik dalam program pelatihan ini maupun dalam kehidupan sehari – hari dan dunia kerja. Sehingga di harapkan nantinya tiap peserta mampu mengambil keputusan yang rasional dan menguntungkan walaupun dalam kondisi berada dibawah tekanan target, masalah keluarga dan masalah lainnya.

Setelah mengikuti Pelatihan ini, secara umum peserta diharapkan memiliki perubahan sikap, pengetahuan dan keterampilan berikut :


1. Memiliki sikap positif sehingga mampu menghilangkan Personal Block maupun Interpersonal Block dalam berhubungan dengan pihak lain.
2. Mengenal dan memahami prinsip – prinsip dalam mengembangkan kerja sama tim.
3. Mampu berkomunikasi secara baik dan benar dengan pihak lain.
4. Mampu ber-empati kepada atasan, bawahan, maupun sesama rekan kerja.
5. Memiliki sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan suatu masalah.
6. Meningkatkan kemampuan manajerial dalam perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya. (Planning, Organizing, Leading,   Controlling ) minimal didalam kelompoknya, dan lebih luas lagi bersama kelompok lainnya.
7. Memiliki sikap besar hati menerima masukan dan kritik dari rekan sejawat atas kekurangan dan kelemahan, serta memotivasi diri untuk melakukan perbaikan –perbaikan ( Feedback ).

Kegiatan ini diikuti oleh peserta ±150 orang terdiri dari ASN dan Non ASN ikut melaksanakan semua program dan kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh panitia pelaksana kegiatan outbond. Hari pertama tepat dihari jumat malam Pukul 09.00 WIB  peserta berangkat menggunakan Bus trevel berangkat menuju lokasi pertama yaitu Taman Hutan Raya (Tahura) di kota berastagi,  Di  Tahura peserta  melakukan istirahat makan siang dan sholat sambil menikmati hutan alam yang asri. Setelah itu peserta kembali melanjutkan perjalanan menuju Taman Simalem Resort.

Kegiatan dimulai pada pukul 20.00 WIB dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yaitu Ibu Ir Herawati. Dalam sambutannya beliau meminta semua peserta lebih untuk aktif dan lebih semangat dalam bekerja, dlaam kesempatan ini juga dilakukan pemberian bingkisan kenang – kenangan  kepada jajaran staf dan juga pejabat yang tahun ini akan mengakhiri masa tugas di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Pin It on Pinterest