PENANDATANGAN PERJANJIAN KERJASAMA TIGA PIHAK (PKS3) PROGRAM PEREMAJAAN KELAPA SAWIT PEKEBUN PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2020

Dalam rangka terus mendukung perkelapa sawitan di Indonesia saat ini pemerintah telah  menggelontorkan program besar yang pro rakyat yaitu Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun (PKSP) baik untuk kebun swadaya maupun kemitraan yang bertujuan untuk melakukan peremajaan kelapa sawit rakyat dengan memberikan bantuan hibah sebesar rp. 25.000.000,-/ha.

            Target Pelaksanaan Peremajaan Kelapa Sawit Indonesia untuk tahun 2020 adalah   180.000 ha, dan target untuk Sumatera Utara seluas 14.500 ha, sedangkan target tahun 2019 adalah seluas 14.660 ha dimana realisasi rekomendasi teknis Provinsi Sumatera Utara sampai  akhir Desember 2019 telah mencapai 10.881 ha (74,22% dari target) dan yang telah menerima transfer dana adalah seluas lebih kurang 4700 ha sedangkan yang telah mendapat rekomendasi dan PKS 3 telah mencapat 8000 ha. PKS 3 adalah perjanjian tiga pihak antara badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit, perbankan dan kelompok tani/gapoktan/koperasi, yang merupakan salah satu proses/tahapan yang dilakukan sebelum ditransfernya dana peremajaan ke rekening petani peserta. PKS3 pihak yang dilaksanakan tanggal 10-11 maret di Dinas Perkebunan ini merupakan PKS3 terakhir untuk rekomendasi periode tahun 2019. Kepala Dinas Perkebunan dalam arahannya menyampaikan agar seluruh kelompok penerima dana hibah peremajaan segera mempersiapkan langkah-langkah pelaksanaan dilapangan, pilih rekanan yang baik dan berpengalaman dalam pelaksanaan tumbang chipping, produsen benih kelapa sawit dll. Untuk petugas pendamping kabupaten dan off taker harus bekerja ekstra dalam melakukan pendampingan, bimbingan kepada kelompok tani. Pada kesempatan ini penandatangan tiga pihak dilakukan antara BPDPK, BANK BRI, BANK BNI dengan 19 kelompok tani yang berasal dari kabupaten Serdang Bedagai ( 3 kt) Simalungun (8 kt) Langkat (2 kt) Padang Lawas Utara (1 kt) Asahan (2 kt) dan Labuhanbatu (3 kt) untuk memdukung dan memberhasilkan program ini sangat diharapkan komitmen dan peran serta kita semua juga perusahaan sebagai mitra, jika kita semua saling bersinergi dan mendukung saya yakin program ini dapat berjalan dengan baik. selanjutnya saya harapkan komitmen kita semua untuk terus berupaya merealisasikan targer peremajaan kelapa sawit tahun 2020 Provinsi Sumatera Utara seluas 14.500 ha.

Pin It on Pinterest