PENANAMAN PERDANA PROGRAM PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT (PSR) DI KABUPATEN SIMALUNGUN

Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) merupakan kegiatan kebijakan pro rakyat dan juga bentuk perhatian pemerintah terhadap sub sektor perkebunan. Kabupaten Simalungun sampai dengan tahun 2019 telah mengajukan program peremajaan kelapa sawit ke Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa sawit (BPDPKS) seluas ± 1.650. Ha, sampai saat ini dana yang sudah cair ± 866 Ha sebagian masih dalam proses rekomendasi teknis Dirjenbun. Pelaksanaan kegiatan penanaman perdana PSR di kabupaten Simalungun dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2020 bertempat  di Nagori Buntu Bayu Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun seluas ± 142 Ha. Kelompok yang melaksanakan penanaman perdana adalah Kelompok Tani Andalan dan Kelompok Tani Dos Roha.

Hadir pada kegiatan penanaman perdana Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun, PTPN IV, DPP Samade, DPD Samade Simalungun, Forkopinda Simalungun ,Perwakilan dari Gapki dan Kelompok Tani di Kabupaten Simalungun.

Penanaman Perdana dihadiri Oleh Ibu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dalam sambutannya menyampaikan program peremajaan Kelapa sawit ini sangat membantu bagi masyarakat dan dapat mempermudah masyarakat dalam meningkatkan hasil dari pertanian dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Simalungun terutama petani kelapa sawit.

Program replanting menggunakan skema dana hibah sebesar Rp 25 juta per hektar dapat membantu permasalahan kebun kelapa sawit rakyat selama ini terutama kurangnya permodalan ketika sudah masa waktu replanting (peremajaan), Persoalan lain yang terjadi adalah petani masih menggunakan bibit asalan yang tidak bersertifikat dan membuat produktivitas menjadi rendah sehingga penghasilan petani kurang maksimal. Dengan adanya program ini petani wajib menanam bibit yang unggul bersertifikat dan harus bermitra dengan pabrik kelapa sawit supaya memperoleh hasil produksi yang tinggi dan harga TBS yang lebih baik Semua itu bermuara pada meningkatnya kesejahteraan petani kelapa sawit khususnya yang ada di kabupaten Simalungun.