Panen perdana Sorgum Di peremajaan sawit PT Paya Pinang

Kegiatan panen sorgum dilaksanakan di areal kebun sawit di Desa Laut Tador, Kecamatan Tebing Syahbandar, Serdang Bedagai oleh Presiden Direktur PT Paya Pinang Group Ir. Kacuk Sumarto pada hari kamis 19 Desember 2019, Hadir dalam acara itu antara lain oleh sejumlah tokoh penting seperti Bupati Sergai H Soekirman, Kadis Perkebunan Sumut Ir. Herawati, Wakil Bupati Padang Lawas, Ketua Umum Gapki Joko Supriyono, Plt Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian Unggul Ametun, Anggota Dewan Pengawas BPDPKS Rusman Heryawan, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Joko Supriyono, Bendahara Gapki Sumut H Mino Lesmana dan para petani.

PT Paya Pinang Direktur Paya Pinang Kacuk Sumarto dalam sambutannya apa yang dilakukan dapat menjadi inspirasi bagi para petani sawit swadaya, untuk menerapkan penanaman sorgum untuk membantu pembiayaan program peremajaan sawit rakyat (PSR). Tanaman sorgum akan mampu menjadi pendapatan alternatif untuk membiayai hidup petani selama sawit petani di masih dalam kategori TBM selama tiga sampai empat tahun.

Dirjen Perlindungan Tanaman Kemen Pertanian Edy Heriyawan, mengapresiasi program penanaman sorgum di sela perkebunan kelapa sawit ini dan berharap GAPKI dapat mendorong perusahaan-perusahaan perkebunan sawit yang sedang memasuki masa replainting, untuk melakukan langkah yang sama guna mendukung program Peremajaan Sawit Rakyat.

Dalam sambutan Dewan Pengawas BPDPKS (Rusman Haryawan) mengungkapkan, panen sorgum pernah dilakukan di Bantul. Namun kelangsungan sorgum tidak bertahan lama, karena ketiadaan pembangunan sistem yang baik oleh pemerintah daerah. Sorgum dapat dijadikan alternatif pangan dan energi. Jangan berhenti mengembangkan model integritas Sorgum dengan kelapa sawit.

Bupati Sergei Soekirman dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Pemkab Sergai berencana mencanangkan sorgum sebagai alternative petani dalam masa menunggu peremajaan tanaman sawit. Dengan pencanangan Sorgum di Kabupaten Sergai dia berharap tanaman ini dapat diterima dengan baik oleh petani, khususnya masyarakat sebagai konsumen, karena sorgum ini punya banyak manfaat dalam bidang pangan.

Pin It on Pinterest