Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi B DPRD Kabupaten Dairi Desember 2019

Dalam rangka memperoleh informasi tentang program dan arah kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara khususnya pada sub sektor perkebunan Komisi B DPRD Kabupaten Dairi telah melaksanakan Kunjungan Kerja ke kantor Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara pada hari Jumat tanggal 13 Desmeber 2019. Pertemuan kunker dilaksanakan di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan diterima oleh Bapak Ir. Nazli, M.MA selaku Sekretaris Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan Ibu Lies Handayani.

Pada pertemuan dimaksud disampaikan bahwa kedepan program dan arah kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara 2020  khususnya pembangunan sub sektor perkebunan adalah berbasis pada kawasan dimana Kabupaten Dairi merupakan kawasan potensial penghasil tanaman kopi arabika maupun robusta di Provinsi Sumatera Utara. Kondisi ini diperkuat  dengan terbitnya Keputusan Menteri Pertanian 472/Kpts/RC.040/6/2018 tanggal 28 Juni 2018 tentang Lokasi Kawasan Pertanian. Dengan terbitnya Kepmentan tersebut merupakan peluang yang besar bagi Kabupaten Dairi untuk mendapatkan prioritas kegiatan untuk pengembangan tanaman kopi baik dari anggaran APBN maupun APBD provinsi. Namun demikian komitmen dan dukungan dari Pemda Kabupaten Dairi sendiri juga sangat diharapkan khususnya untuk pengamanan kegiatan sehingga tujuan dan sasaran dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

Dalam kesempatan ini Tim Kunker Komisi B DPRD Kabupaten Dairi juga mengharapkan bantuan Provinsi untuk pengembangan kopi robusta dalam rangka mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang yang saat ini tengah banyak dibudidayakan kembali oleh petani. Bahkan untuk kopi robusta Kabupaten Dairi telah diterbitkan sertifikasi Indikasi Geografis (IG) oleh Kemenkumham. Disamping itu kegiatan pengembangan kopi juga merupakan program prioritas Bupati Kabupaten Dairi dimana rencana pengembangan ditargetkan mencapai 5.000 hektar.

Tim dari Komisi B DPRD Kabupaten Dairi di hadiri oleh Ronatno Nainggolan. SP selaku ketua Komisi B DPRD Dairi, Wanseptember Selaku Wakil Ketua Komisi B DPRD, Jonnes Gurning, Carles Tamba, Lisbet Lumban Tobing, Idul Sutri Tarigan, Riduan H.Sagala, Alfriyansah Ujung, Toman Sianturi, Cipta Karo-karo dan Rasiden

Pin It on Pinterest