Kegiatan Pertemuan Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit dan Evaluasi Penerapannya di Sumatera Utara Pada tanggal 14 Nopember 2019 Bertempat di Kabupaten Padang Lawas

Kegiatan Pertemuan Penetapan Harga TBS dan Evaluasi Penerapannya di Sumatera Utara yang dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas   pada Hari Kamis  tanggal 14 Nopember  2019 dihadiri peserta dari perusahaan perkebunan, Apkasindo Kabupaten Padang Lawas, Samade Padang lawas, petani kelapa sawit yang tergabung dalam kelompok tani  dan petugas Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas dengan peserta sebanyak 40 (empat puluh) orang. Pertemuan ini  merupakan forum konsultasi antara Dinas Perkebunan Sumatera Utara dengan  Perusahaan perkebunan kelapa sawit  yang mempunyai Pabrik Kelapa sawit dalam upaya untuk menyampaikan bahwa penetapan harga kelapa sawit  yang ditetapkan setiap hari rabu oleh Tim Penetapan  Harga TBS  kelapa sawit Provinsi Sumatera Utara hanya dapat digunakan untuk petani kelapa sawit yang bermitra. Narasumber  terdiri dari Bapak Prof. DR. Ir. Ponten M Naibaho  sebagai ketua kelompok kerja Penetapan harga TBS Sumatera Utara, dengan materi  terkait Permentan  No 1 tahun 2018 dan Pergub no 29 tahun 2018 tentang Penetapan Indeks “K”  dan harga pembeliaan Harga TBS kelapa sawit Perkebunan,  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas ( Bapak Ir. Abdullah ) dan Plt.  Kepala Bidang Perkebunan ( Bapak Insan Maladi Harahap, SP ) dengan materi Tataniaga TBS kelapa sawit di Kabupaten Padang Lawas. Para peserta  terlihat sangat antusias dalam diskusi yang berlangsung antara para peserta dan para narasumber.

Dalam kesempatan tersebut para narasumber menghimbau kepada perusahaan perkebunan dan petani kelapa sawit untuk segera bermitra.  Karena hanya dengan  bermitra maka petani kelapa sawit dapat memperoleh harga yang ditetapkan oleh Tim Rumus Harga pada Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Pertemuan Tindak Lanjut Rencana Aksi Provinsi Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAP KSB) Provinsi Sumatera Utara


Pin It on Pinterest