Peringatan HPS (Hari Pangan Sedunia) Tingkat Nasional Ke 39 Tahun 2019 Di Sulawesi Tenggara

Peringatan hari pangan sedunia ke 39  tingkat Nasional dilaksanakan pada tangggal 02 s/d 05 November 2019 bertempat di pelataran eks MTQ Kendari, yang dibuka oleh Menteri Pertanian. Pameran diikuti oleh berbagai elemen mulai dari unsur organisasi pangan dunia ( FAO ) , para Duta Besar/Perwakilan Negara sahabat, Pemerintah pusat, Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia), Legislatif, Forkompinda Instansi Vertikal, Ormas, Para Penggiat Pangan Dan Masyarakat.

Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini bidang pengolahan dan pemasaran turut berpartisipasi kegiatan pameran dengan menampilkan berbagai produk hasil olahan kopi dan aren dari berbagai Kabupaten sentra produksi  kopi dan aren di Sumatera Utara. Pada saat penutupan dilaksanakan pada tanggal 05 November 2019 unsur Ditjen Hortikultura melaporkan hasil pelaksanaan antara lain :

  1. Pembukaan HPS dilakukan oleh Menteri Pertanian;
  2. Gelar teknologi inovasi, bimbingan teknologi kepada petani dan petugas;
  3. Pameran yang terdiri dari 266 stand, 88 stand kuliner dengan total pengunjung 82.975 orang dan transaksi perdagangan mencapai 82.975 milyar rupiah;
  4. Seminar Nasional untuk mewujudkan keanekaragaman Pangan Nasional;
  5. Temu bisnis dengan 250 orang peserta  dari produsen dan pelaku usaha;
  6. 16 Duta Besar dan Negara sahabat melakukan penanaman pohon di Kota Kendari;
  7. Lomba mewarnai dan mengukir buah.

Penutupaan HPS ke 39 ini dihadiri oleh Direktur Perbenihan Kementerian Pertanian sukarman, ketua DPRD Sulawesi Tenggara  Abdurrahman Saleh, Bupati Buton Utara Abu Hasan, Walikota Kendari Sulkarnain Kadir serta para undangan yang mewakili daerahnya dari Provinsi dan Kabupaten seluruh Indonesia.