Kegiatan Pertemuan Spip Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menurut PP Nomor 60 Tahun 2008 adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Untuk mewujudkan lingkungan pengendalian yang demikian diperlukan komitmen bersama dalam melaksanakannya. Komitmen ini juga merupakan hal yang amat penting bagi terselenggaranya unsur-unsur SPIP lainnya.

Kegiatan Pertemuan Spip Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Dalam rangka mendukung komitmen dimaksud, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan pertemuan SPIP lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara pada hari ini Senin, 28 Oktober 2019. Acara dihadiri oleh seluruh pejabat eselon III dan IV lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. Dalam sambutan Kepala Dinas yang disampaikan  oleh Sekretaris Ir. Nazli. M.MA mengatakan bahwa tuntutan terhadap kinerja penyelenggara pemerintahan di era reformasi menginginkan terwujudnya pemerintahan yang bersih (clean government) dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Pengawasan yang berhasil bukan karena semata mata menemukan temuan KKN namun yang lebih penting sifatnya yang preventif untuk mencegah terjadinya penyimpangan sehingga terciptanya sebuah sistem pengawasan yang baik.

Kegiatan Pertemuan Spip Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Acara pertemuan ini menghadirkan 2 narasumber yang berasal dari BPKP Provinsi Sumatera Utara yang diwaliki oleh R Rudy Karyanto dan Inspektorat Sumatera Utara yang diwakili oleh Ridwan, SH. Adapun materi yang disampaikan terkait dengan “Penilaian Maturitas SPIP” dan “Pengelolaan Resiko Pada Pemerintahan Daerah (Rencana Tindak Pengendalian dan Implementasi)”. BPKP dan Inspektorat selaku Tim APIP mengharapkan agar pelaksanaan SPIP di setiap OPD dapat memenuhi 5 unsur yakni lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan pengendalian intern. Penyelenggaraan unsur lingkungan pengendalian yang baik akan meningkatkan suasana lingkungan yang nyaman yang akan menimbulkan kepedulian dan keikutsertaan seluruh pegawai. Dengan terlaksananya ke 5 unsur tersebut dengan baik maka Maturitas SPIP menuju Level 3 di Provinsi Sumatera Utara akan dapat tercapai sesuai dengan tujuan dan sasaran RPJMN 2015-2019.

Kegiatan Pertemuan Spip Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Pin It on Pinterest