LAPORAN PELAKSANAN KEGIATAN FASILITAS, PEMBINAAN DAN BANTUAN PACKING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOPI PREMIUM DI SUMATERA UTARA.

Fasilitasi, pembinaan dan bantuan packing dalam meningkatkan daya saing produk kopi premium di Sumatera utara adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Pupuk Alat dan Mesin Bidang Prasarana dan Sarana pata tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan alat dan bahan packaging kopi secara mekanis untuk petani, meningkatkan motivasi petani dalam penanganan pasca panen kopi, meningkatkan mutu hasil produksi bubuk kopi petani, dan membantu petani/kelompok tani dalam hal meningkatkan pendapatan dan permodalan usaha tani kopi di Kabupaten Samosir.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Juli 2019, bertempat di Desa Ronggur Nihuta krcamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota kelompok tani, Kepala Desa Ronggur Nihuta, Perangkat desa Ronggur Nihuta, petugas Kabupaten dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Sasaran pada kegiatan ini adalah kelompok tani/petani yang memiliki perkebunan kopi di Kabupaten Samosir.

Adapun tahapan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu menyurati kepala dinas yang membidangi perkebunan Kabupaten Samosir untuk mengajukan usul kelompok tani calon penerima hibah yang memenihu kriteria, melakukan verifikasi terhadap kelompok tani calon penerima dan calon lokasi, hasil verifikasi dilakukan secara bersamaan dengan tim kabupaten terhadap kelompok Tani Marsada, surat Kepala Dinas Pertanian Kab. Samosir tentang penetapan Kelompok Tani penerima kegiatan, membuat perjanjian hibah yakni NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) yang ditandatangani Kadisbun Provsu, dan ditetapkannya Harga Perkiraan Sendiri (HPS).

Proses pemilihan langsung untuk pengadaan barang dilakukan oleh Pejabat Pengadaan Barang/Jasa OPD Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara untuk memilih pihak ketiga untuk pengadaan alat dan bahan packaging kopi premium. Selanjutnya dilaksanakan pelatihan kemasan kopi Premium pada hari/tanggal; Kamis, 11 Juli 2019 yang bertempat di Hotel JTS Parbaba Samosir. Peserta pada pelatihan pembuat kemasan kopi berjumlah 25 orang yang terdiri dari anggota Kelompok tani Marsada, PPL kecamatan Ronggur Nihuta, dan petugas dari dinas yang membidangi perkebunan.

Narasumber pada kegiatan ini berjumlah 3 (tiga) orang berasal dari UD. Kaldera Kopi, yakni; Jimmy Loys Silalahi, ST (pelatih), dan Ambolas Sitanggang, SH (assisten pelatih) dengan topik pelatihan membuat kemasan stand up poch dari plastic dan tas kemasan dari karton, dan Mario Seplyn Marbun, SR dengan topik pelatihan membuat dan mencetak merk dan logo dari stiker. Pada acara pelatihan sekaligus dilakukan penandatangan berita acara serah terima antara penyedia sebagai pihak pertama, ketua kelompok tani sebagai pihak kegua, dan disaksikan oleh kepala desa dan PPTK kegiatan.

Pin It on Pinterest