HARI PANGAN SEDUNIA (HPS) KE 39 DAN HARI KRIDA PERTANIAN (HKP) KE 37 TINGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2019 YANG DISELENGGARAKAN PADA HARI RABU TANGGAL 09 OKTOBER 2019 BERTEMPAT DI LAPANGAN MERDEKA – MEDAN

Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 dan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yang diselenggarakan pada Hari Rabu  tanggal 09 Oktober 2019  bertempat di Lapangan Merdeka – Medan. Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 dan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Bapak Gubernur Sumatera Utara didampingi , Ibu Ketua PKK dan Ibu Wakil Ketua PKK Provinsi Sumatera Utara,  Bupati/Wakil Bupati se Sumatera Utara ataupun yang mewakili,  Kepala OPD terkait  Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara pada acara tersebut, menyampaikan harapannya, agar  kedepan dunia pertanian Sumatera Utara  dapat mencukupi pasokan sandang pangan warga Sumut sendiri, mulai dari beras, palawija dan seluruh hasil pertanian lokal lainnya, sehingga tidak lagi tergantung dari negara lain atau barang impor. Untuk mencapai tujuan itu, Gubernur Sumatera Utara berjanji akan berupaya membantu memenuhi serta menyelesaikan berbagai kendala di dunia pertanian dan peternakan Sumut. Pada kesempatan itu, Gubernur Sumatera Utara juga menyerahkan bantuan kepada kelompok tani dan ternak Sumut, dengan memberikan bibit benih jagung dan padi, alat pertanian yaitu mesin Chopeer Blender penggiling pakan, mesin pencetak pelet, 20 ekor domba serta memberikan asuransi kepada kelompok ternak di Sumut.

Gubernur Sumatera Utara juga memberikan Penghargaan Adikarya Pangan Nusantra Tingkat Provinsi Sumatera Utara kepada pembina ketahanan pangan tingkat desa dan kelurahan di Sumatera Utara, serta penghargaan lainnya kepada penyuluh pertanian.

Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  turut  berpartisipasi  dalam Pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 dan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 dengan membuka stand  pameran dan menampilkan produk  olahan perkebunan, berupa komoditi unggulan kopi yang terdiri dari  green bean, roasted bean, serta bubuk kopi  dari  Kabupaten penghasil kopi  di Provinsi Sumatera Utara dan gula  semut aren, makanan berupa kue-kue yang berbahan baku dari produk perkebunan, minuman jus pinang muda dan mengikutsertakan 2 (dua) pelaku usaha binaan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yaitu :

  1. Pelaku Usaha Aroma Kopi Ibu Ujiana Sianturi dengan menampilkan alat pengolahan kopi mesin ekspresso, grinder dan  alat manual brew. Pelaku Usaha  membagikan minumam kopi secara gratis  bagi pengunjung stand Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.
  2. Pelaku Usaha Kelapa Pandan Wangi dengan menampilkan Produk kelapa pandan wangi dan menjual kelapa pandan wangi per buahnya Rp.15.000,- `

Pin It on Pinterest