PERTEMUAN BIMBINGAN TEKNIS PENGOLAHAN KOPI

Kopi merupakan komoditas kedua paling banyak diperdagangkan di dunia setelah minyak. Konsumsi kopi dunia terus meningkat dari tahun ke tahun,  sedangkan di beberapa Negara produsen kopi dunia mengalami penurunan produksi. Hal ini menyebabkan trend harga kopi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kabupaten Toba Samosir merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara yang berpotensi dalam pengembangan produk kopi. Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melalui Dana APBN TA. 2019 memfasilitasi pembangunan Unit Pengolahan Hasil (UPH) beserta peralatan Pasca Panen dan Pengolahan Kopi untuk 5 Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Toba Samosir. Untuk mendukung kegiatan tersebut maka anggota kelompok penerima bantuan diikutsertakan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengolahan Kopi.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan SDM petani kopi khususnya anggota kelompok penerima bantuan serta yang belum menerima bantuan UPH kopi namun dipandang cukup potensi dalam pengembangan pengolahan kopi sehingga dapat meningkatkan mutu kopi yang dihasilkan serta mampu memproduksi kopi bubuk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Pertemuan Bimbingan Teknis Pengolahan Kopi dilaksanakan di Kabupaten Toba Samosir yang dilaksanakan tanggal 16  – 17  September  2019 bertempat di Hotel Niagara – Parapat yang dibuka oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  Ir. Syahrida Khairani, M.MA. Narasumber pada pertemuan ini berasal dari Direktorat Pengolahan Hasil Perkebunan, Praktisi Kopi dan Pelaku Usaha Kopi dari Kabupaten Dairi.

 Pertemuan Bimbingan Teknis Pengolahan Kopi di Kabupaten Toba Samosir dihadiri oleh  100 orang peserta yang terdiri dari anggota kelompok tani, penyuluh dan petugas pendamping dari Dinas Pertanian Kabupaten Toba Samosir.

Materi yang disampaikan pada pertemuan ini adalah 1) Kebijakan Nasional Pengembangan Kopi Berkelanjutan, 2) Teknologi Panen dan Pasca Panen, 3) Membangun Organisasi Petani yang kuat dan mandiri.

Peserta Pertemuan ini juga dibawa kunjungan lapangan ke Kelompok tani “SAURDOT” di Desa Motung Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir untuk melihat Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kopi yang telah memproduksi  kopi bubuk dan memasarkan produknya.