KEGIATAN BIMBINGAN INTENSIFIKASI TANAMAN TEMBAKAU VIRGINIA

Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Virginia di Kabupaten Karo

Tanaman tembakau merupakan salah satu komoditas andalan nasional dan berperan penting bagi perekonomian Indonesia, terutama dalam penyediaan lapangan pekerjaan, sumber pendapatan bagi petani dan sumber devisa bagi negara disamping mendorong berkembangnya agribisnis tembakau dan agroindustri .

Berbagai usaha telah dilaksanakan untuk pengembangan tembakau. Perbaikan teknik budidaya pada akhirnya akan membawa manfaat dalam usaha pengembangan tersebut. Teknik pembibitan yang efisien, usaha mendapatkan bahan tanam unggul melalui hibridasi, pengaturan jarak tanam, usaha perlindungan terhadap hama dan penyakit ditujukan kepada ditemukannya suatu priode penanaman dan pemeliharaan tembakau yang efisien dengan sasaran produksi maksimum

Untuk jenis tembakau Virginia di Provinsi Sumatera Utara ada dua kabupaten yang cukup intens mengusahakannya yaitu Kabupaten Karo dan Simalungun. Kedua kabupaten ini merupakan penghasil tembakau virginia yang bekerja sama/bermitra dengan perusahaan rokok lokal NV. STTC/Mitra Tata Usaha Bersama.


Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Virginia di Kabupaten Simalungun

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Intensifikasi Tanaman Tembakau Virginia dilaksanakan di di 2 (dua) Kabupaten yaitu Karo dan Simalungun, peserta yang mengikuti Bintek adalah petani tembakau masing-masing kabupaten diikuti oleh 150 orang petani tembakau. Untuk mendukung kegiatan Dinas Perkebunan mengalokasikan Bantuan sarana prasana yang diberikan pada kegiatan Bintek Intensifikasi Tanaman Tembakau Bantua Pupuk dan Herbisida. Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat membantu petani untuk meningkatkan produktivitas.


Pemberian Bantuan pupuk Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Virginia di Kabupaten Karo

Tujuan Kegiatan Bimbingan Tanaman Tembakau Virginia adalah Meningkatkan pengetahuan dan motivasi petani dalam pemeliharaan tanaman tembakau Virginia, Membantu petani dalam melalui bantuan sarana produksi., Meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman Tembakau.


Pemberian Bantuan pupuk Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Virginia di Kabupaten Simalungun

Potensi Perkebunan Tembakau di Sumatera Utara masih sangat tinggi, dimana produksi masih dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan perluasan areal tanam, produksi tembakau Sumatera Utara hingga kini masih jauh ketinggalan dengan daerah lain penghasil tembakau. Konsumen tembakau di Provinsi Sumatera Utara satu-satunya adalah PT. Tata Usaha Bersama /  STTC.  sedangkan kebutuhan bahan baku untuk pabrik rokok 85% didatangkan dari Provinsi lain terutama Jawa Timur dan NTB serta import, Nah peluang ini perlu segera disikapi oleh stake holder terkait termasuk di dalamnya untuk menjalin kerjasama dengan konsumen lain (perusahaan rokok dari luar Provinsi Sumatera Utara).

Pin It on Pinterest