PENANAMAN PERDANA PROGRAM PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT (PSR) DI KABUPATEN LABUHANBATU

“Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) merupakan kegiatan kebijakan pro rakyat dan juga bentuk perhatian pemerintah terhadap sub sektor perkebunan,” Program ini dapat berjalan berkat dukungan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS)

Pada tanggal 16 Mei 2019 PT Musim Mas Grup melalui anak perusahaan PT Siringoringo me-launching penanaman perdana program peremajaan kebun kelapa sawit petani swadaya, di Lingkungan Sidodadi PNK, Kelurahan pulo Padang, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatra Utara. Program ini melibatkan sebanyak 21 petani yang tergabung dalam Koperasi Maju Lancar Mandiri Labuhanbatu. Lahan yang mendapat peremajaan tanaman kelapa sawit dengan luasan 58 hektar.

General Manager of Programmes and Projects PT Musim Mas, Rob Nicholls dalam keterangan tertulisnya mengatakan, program itu untuk meningkatkan perekonomian petani “Kolaborasi antar sektor, seperti pemerintah dan bank sangat penting untuk mendukung petani kecil untuk terus diadopsi praktik pertanian berkelanjutan.

Penanaman Perdana dihadiri Oleh Plt Bupati Andi Suhemi Dalimunthe ST MT dan dalam sambutannya menyampaikan, program peremajaan Kelapa sawit petani Swadaya ini sangat membantu bagi masyarakat dan dapat mempermudah masyarakat dalam meningkatkan hasil dari pertanian serta perawatan dalam pengelolaan pertanian dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Labuhanbatu terutama petani kelapa sawit Program replanting menggunakan skema dana hibah sebesar Rp 25 juta per hektar dapat membantu permasalahan kebun kelapa sawit rakyat selama ini. Terutama kurangnya permodalan ketika sudah masa waktu replanting (peremajaan). Persoalan lain yang terjadi adalah petani masih menggunakan bibit asalan yang tidak bersertifikat dan membuat produktivitas menjadi rendah sehingga penghasilan petani kurang maksimal.