Fasilitasi Pertemuan dan Koordinasi Penetapan Harga TBS Hotel Saka Medan, Tanggal 15 Maret 2019

Pertemuan dan Koordinasi Penetapan Harga TBS dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2019 di hadiri oleh petugas dari 15 Dinas Kabupaten yang membidangi Perkebunan, Apkasindo, Samade, Fakultas Pertanian USU, dan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit. Pertemuan dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang dalam sambutannya Kepala Dinas Perkebunan menegaskan harus ada satu visi untuk terlaksananya kemitraan antara pekebun swadaya dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, dimana peran aktif dari pemerintah Kab/ kota sangat diharapkan untuk mewujudkannya.

Prof. Dr. Ir. Ponten M. Naibaho dan Timbas Ginting sebagai narasumber menekankan pada terbentuknya kemitraan antara perusahaan perkebunan yang memiliki PKS (Pabrik Kelapa Sawit) dengan petani swadaya dalam rangka meningkatkan harga TBS petani.

             Prof. Dr. Ir. Ponten M. Naibaho dalam paparannya menyampaikan tata cara perhitungan harga TBS yang telah diatur dalam Permentan 01 Tahun 2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS)  Kelapa Sawit Produksi Pekebun  dan telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Gubernur No. 29 Tahun 2018 tentang Penetapan Indeks “K” dan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun Mitra di Provinsi Sumatera Utara, yang dapat dipedomani dalam penentuan harga TBS bagi perusahaan perkebunan yang akan bermitra.

Pin It on Pinterest