Presentasi keterbukaan informasi public di Komisi Informasi Publik

Dinas Perkebuan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Ir. Nazli  Melakukan Presentasi Self-Assessment Questionnaire (SAQ) yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2019 di Jl. Bilal No.105 Medan Sumatera Utara.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk melakukan Presentasi Self-Assessment Questionnaire (SAQ) di depan Para Komisioner Informasi Sumatera Utara tentang layanan Informasi Publik dan layanan masyarakat yang selama ini dilakukan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara baik yang datang langsung atau pun yang mengakses langsung dari Website dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Dalam menindaklanjuti penyusunan data inovasi ini lebih membahas pembaruan Informasi terhadap Publik yang ada pada Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2010 tentang Standard Layanan Publik, Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik. Contohnya  perkembangan Website Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, aplikasi PPID dan aplikasi SPBE Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang dalam proses pengembangan termasuk alat-alat penunjang Perkebunan yang diserahkan oleh masing-masing Bidang dan juga UPT yang ada di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. diharapkan dari pertemuan Diskusi, koordinasi dan juga konsultasi ini Dinas Perkebunan bias ikut serta dan meraih hasil yang maksimal dan terus berinovasi untuk membangun dan mengembangkan perkebunan di Indonesia umumnya, secara khusus untuk wilayah Sumatera Utara. 

Dalam paparan yang di sampaikan oleh Administrator Sekretariat Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yaitu Bapak Ir. Nazli, M.MA juga memaparkan Alur Permohonan Informasi Publik yang Dilakukan Di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara mulai dari Waktu yang dibutuhkan dalam pengajuan Informasi maupun dalam penyampaian nota keberatan keatasan PPID Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. Selain itu beliau juga Memaparkan perkembangan Informasi Publik Dinas Perkebunan Seperti Sudah menggunakan media social untuk berinteraksi dengan masyarakat luas yaitu Instagram, Email, dan juga Facebook dan yang tidak ketinggalan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Sudah Menjalin Kerjasama dalam penayangan kegiatan yang dianggap Strategis dengan beberapa Media Cetak terkemuka di kota Medan Seperti Harian Waspada, Harian Analisa, Metro 24, Sumut pos dan Medan pos. dan yang terkhir Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Sudah Memiliki Ruangan Khusus Informasi Publik yang berfungsi untuk menampung semua kebutuhan Informasi Publik yang dibutuhkan Masyarakat yang datang langsung ke Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara untuk mendapatkan Informasi yang mereka butuhkan.