Pawai 17 Agustus Pembangunan Sumut Bermartabat

MEDAN – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Sumatera Utara (Sumut) berlangsung meriah. Berbagai kegiatan digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Di antaranya Pawai Pembangunan Provinsi Sumut yang berlangsung semarak, Sabtu (17/8).

Selain pawai jalan kaki, pawai bertajuk ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ ini juga diikuti sejumlah kendaraan hias. Untuk pawai jalan kaki dimulai dari Lapangan Benteng hingga Jalan Rivai. Sedangkan kendaraan hias mulai dari Jalan Kebun Bunga hingga Stadion Teladan.

Pawai diikuti 65 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut dan Kota Medan, BUMN, BUMD, DPRD Sumut, komunitas, dan swasta. Juga ada peserta dari luar Sumut, seperti dari Minahasa.

Berbagai atraksi pun ditampilkan masing-masing peserta pawai, terutama saat melintas di panggung kehormatan di depan Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 Medan. Ada tarian Ahoi Nusantara dari Kota Medan, marching band dari sejumlah sekolah dan TNI, taria-tarian tradisional hingga tarian Manike dari Maluku.

Sejumlah mobil hias yang menarik juga ikut meramaikan pawai. Ada kendaraan tempur dari TNI, dan mobil hias dari sejumlah OPD dan instansi yang menampilkan ciri khas masing-masing. Seperti mobil hias dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang menampilkan tema Produk Unggulan Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yaitu Kopi.

Ribuan masyarakat dari Kota Medan dan sekitarnya pun antusias menyaksikan pawai jalan kaki dan mobil hias tersebut. Sejak pagi, masyarakat sudah mulai memadati sejumlah ruas jalan yang akan dilalui peserta pawai.

Bahkan, bagi sebagian masyarakat pawai pembangunan ini sengaja di tunggu dan menjadi salah satu hiburan setiap Peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Pawai yang berlangsung semarak itu pun mendapat apresiasi dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang menyaksikan dari panggung kehormatan di depan Kantor Gubernur. “Sangat menarik tadi tampilan yang diperlihatkan, itu menunjukkan cita-cita. Itu gambaran Sumut yang akan kita raih dengan semangat kemerdekaan yang sudah masuk ke 74 tahun, tahap demi tahap, sehingga Sumut semakin jelas,” ucap Gubernur yang didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, usai melepas dan menyaksikan pawai.

Menurut Gubernur, ini merupakan gambaran semangat mewujudkan Sumut yang bermartabat. “Hari ini kita pawai pembangunan dari mulai budaya yang kita tunjukan beberapa etnis yang ada di Sumut ini. Semua ini gambaran untuk kita tunjukan semangat ke depan untuk kita wujudkan Sumut yang bermartabat,” ucap Edy Rahmayadi.

Turut sadir menyaksikan pawai pembangunan berjalan kaki dan mobil hias ini yakni Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Fachruddin Siregar, Komandan Lantamal I/Belawan Laksma Abdul Rasyid, dan Panglima Komando Sektor (Pangkosek) III Marsekal Pertama (Marsma) TNI Jhon Amarul dan undangan lainnya.