KEGIATAN OUTBOND DINAS PERKEBUNAN PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2019

Berastagi. 08 Agustus 2019 Seluruh ASN dan Non ASN Lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melaksankan kegiatan Tahunan dalam rangka menjalin persatuan dan kekompakan sesama pegawai dilingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan Outbond sendiri dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan seluruh Pejabat Eselon III dan Eselon IV Dinas Perkebunan.

Outbound training Selalu diadakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara sebagai bentuk refreshing para ASN dan Non ASN Lingkup Dinas Perkebunan.bertempat di Hotel Mikie Holiday. Manfaat outbound training jauh lebih besar dari itu. Ada banyak manfaat yang bisa diambil jika outbound secara rutin dan berkala mengadakan outbound training bagi pegawai mereka di berbagai level, diantaranya:

  1. Meningkatkan kemampuan aktualisasi diri seorang pegawai yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perusahaan.
  2. Menumbuhkan jiwa leadership pegawai yang mungkin selama ini belum tampak. Beberapa permainan dalam outbound training ada yang bertujuan untuk mengasah jiwa leadership seseorang terutama ketika mengatasi permasalahan yang ada.
  3. Melatih kerjasama tim. pegawai yang bekerja dalam kelompok atau tim akan sangat terbantu dengan outbound training yang mengharuskan peserta bahu membahu dengan rekan setimnya untuk menyelesaikan permainan.
  4. Melatih kemampuan analisa dan pola pikir dengan memaksimalkan otak kiri dan kanan. Jika keduanya digunakan dengan tepat, akan menjadi senjata yang sangat ampuh dalam pengambilan keputusan.
  5. Meningkatkan kemampuan dan kedewasaan seseorang saat mengambil keputusan dalam kondisi yang belum pernah ia alami sebelumnya.
  6. Menumbuhkan arti penting kebersamaan. Dengan rasa individualitas yang semakin tinggi akhir-akhir ini, sangat penting bagi pegawai untuk memupuk rasa kebersamaan dan peduli terhadap sesama.
  7. Menjadi sarana refreshing bagi pegawai. Kegiatan outbound training yang menyenangkan akan memberikan rasa suka cita bagi para peserta. Mereka akan sangat menikmati permainan di sela-sela rutinitas kantor yang membosankan.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta ±150 orang terdiri dari ASN dan Non ASN ikut melaksanakan semua program dan kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh panitia pelaksana kegiatan outbond. Hari pertama tepat dihari Kamis malam Pukul 20.00 WIB sebelum melakukan perlombaan-perlombaan yang dilakukan oleh panitia pelaksana, Kepala Dinas Perkebunan Ibu Ir. Herawati N, M.MA dan  Sekretaris Dinas Perkebunan Bapak Ir. Nazli, M.MA Menyampaikan Kata Sambutan dan mengatakan bahwa seluruh Pegawai ASN dan Non ASN yang ada dalam lingkup Dinas Perkebunan tetap terus semangat dalam menjalankan tugas-tugas yang disampaikan dan terus berprestasi.

Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa pertandingan yang diperlombakan untuk setiap masing-masing bidang yang mana dilakukan serentak. Salah satu perlombaan yang dipertandingkan ialah Tarian Melayu Group dengan Lagu dan Musik Tanjung Katung yang dimainkan sesuai kreasi dari masing-masing Bidang lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Pada Kesempatan Itu Bidang Sekretariat memenangkan Pertandingan Tarian Melayu Group dengan memperoleh Juara I dari Seluruh Bidang yang ada di Dinas Perkebunan. Besoknya dihari Jumat Pagi tepat Pukul 08.00 WIB dilanjutkan kegiatan kebersamaan Outbond yang diselenggarakan dilapangan terbuka, dengan agenda perlombaan dan pertandingan sesuai yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara.