PEKAN INOVASI DAN INVESTASI SUMATERA UTARA KE 7 TAHUN 2019

Bidang : Pengolahan dan Pemasaran

Tanggal : 25 s/d 28 Juli 2019.

Rangkaian acara pada Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara pada tanggal 25 s/d 28 Juli 2019 di Lapangan Merdeka Medan diawali dengan acara invesment forum “ SUMATERA UTARA MENUJU SMART PROVINCE” yang membahas tentang peluang dan kemudahan untuk berinvestasi di Sumatera Utara dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB yang dihadiri para pelaku usaha, pengunjung dan mahasiswa dengan narasumber antara lain dari Kepolisian, Bank Indonesia, Grab, Kominfo, Otorita Danau Toba dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provsu.

Selanjutnya pembukaan dilaksanakan pada pukul 14.00 wib dengan acara sebagai berikut :

  • DO’A
  • Laporan Ketua Panitia oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu ( PMPTSP) Provsu, yang  menyampaikan bahwa pada tahun 2019 terjadi peningkatan peserta dari 57 pada tahun 2018 menjadi 113 peserta pada tahun 2019.
  • Hiburan dari marching band Provinsi Sumatera Utara
  • Pembukaan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Wakil  Gubernur Sumatera Utara berharap bahwa pelaksanaan pekan inovasi dan investasi  dapat berdampak positif untuk kemajuan perekonomian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan menekankan agar setiap OPD lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan kegiatan sehingga dapat mewujudkan Sumatera Utara bermartabat dengan meminimalisir penggunaan APBD.


Pada kesempatan ini Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara turut berpartisipasi dengan menampilkan produk unggulan kopi yang inovatif serta telah memiliki indikasi geografis yaitu, kopi Simalungun, kopi Mandailing, kopi Sipirok, kopi Lintong, kopi Samosir dan kopi spesialty dari sentra produksi kopi lainnya yaitu kopi Sidikalang, kopi Karo, kopi Toba Samosir dan kopi Deli Serdang. selain itu di lengkapi produk unggulan lainnya yaitu : Gula Aren Semut dari Mandailing Natal, Sipirok, Deli Serdang dan Simalungun, serta Teh Super Veko dari Kebun Teh Kabupaten Simalungun.

Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara membawa serta pelaku usaha kopi yaitu :

  • Pelaku Usaha Kopi Dari Simalungun ( BORASPATI)
  • Pelaku Usaha Kopi Dari Mandailing Natal (KOPINTA), dengan menampilkan kemasan Cup Coffee Drip Kopinta yang siap seduh.

Diharapkan bahwa keikutsertaan Dinas Perkebunan dalam Pelaksanaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan investasi di Sumatera Utara.