KEGIATAN BIMBINGAN INTENSIFIKASI TANAMAN TEMBAKAU BURLEY

Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Burley di Dairi

Bidang : Produksi dan Pengembangan

Tanggal : Juli 2019

Tanaman Tembakau merupakan salah satu komoditas perkebunan andalan yang memiliki peranan penting dalam perekonomian Nasional baik sebagai sumber pendapatan Negara, pendapatan masyarakat pada setiap rantai agribisnis dan memberikan kesempatan kerja yang seluas luasnya.


Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Burley Dairi

Sebagai komoditas yang bernilai ekonomi yang tinggi maka pengelolaan tanaman tembakau harus dilakukan secara intensif dimulai dari pemberian harga, tanaman, pemeliharaan, panen dan prosessing. Sama halnya dengan komoditas lainnya, pengelolaan tembakau di Sumatera Utara masih mengalami kendala – kendala dalam pengembangannya. Permasalahan teknis merupakan permasalahan yang banyak dihadapi oleh petani dilapangan sehingga produksi dan mutu tembakau yang dihasilkan belum dapat dimaksimalkan. Untuk merespon dan mengatasi kendala-kendala tersebut dan untuk meningkatkan peran tembakau dalam mendukung perekonomian daerah maupun Nasional diperlukan usaha-usaha pengembangan agribisnis tembakau yang berbasis pada penerapan teknologi seperti teknologi benih, intensifikasi dan sebagainya.

Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Burley di Tapanuli Utara

Cukai hasil tembakau merupakan salah satu sumber penerimaan Negara dalam negeri yang pengalokasian dan pemanfaatan diberikan kepada Provinsi/Kabupaten daerah penghasil tembakau dimana salah satu pemanfaatan dana tersebut digunakan untuk peningkatan pengetahuan SDM petani, pengelola tanaman tembakau.

Selanjutnya memberikan bantauan sarana produksi selaku pembina petani pengelola komodititas perkebunan menerima alokasi anggaran dana DBHCHT tahun 2019 yang salah satunya dimanfaatkan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan SDM petani dan petugas melalui pelaksanaan Bimbinga Teknis Intensifikasi Tanaman Tembakau Burley. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan petani tembakau dapat meningkatkan pengetahuan tentang pertembakauan khususnya pada daerah sentra pengembangan tembakau di Provinsi Sumatera Utara dengan meningkatkan mutu dan kualitas pertanaman dan menggunakan benih unggul serta penerapan teknologi.


Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Burley di Tapanuli Utara

Tujuan dari kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Burley adalah Meningkatkan pengetahuan dan motivasi petani dalam pemeliharaan tanaman tembakau burley, Membantu petani dalam bentuk Fasilitasi bantuan sarana produksi dan Meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman Tembakau.


Penyerahan Bantuan pada Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Burley Humbang hasundutan

Kegiatan ini dilaksanakan di 3 (tiga) Kabupaten yaitu Kabupaten Dairi, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Tapanuli Utara yang pelaksanaannya pada bulan Juli 2019 dengan peserta masing-masing Kabupaten diikuti oleh 150 (seratus lima puluh) orang petani tembakau. Bantuan sarana prasana yang diberikan pada kegiatan Bintek Intensifikasi Tanaman Tembakau Bantua Pupuk dan Herbisida.


Penyerahan Bantuan pada Kegiatan Bimbingan Intensifikasi Tanaman Tembakau Burley di Tapanuli Utara

Sebagai Nara Sumber Kegiatan Bintek adalah dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perkebunan Kabupaten dan dari Mitra Tata Usaha Bersama