SOSIALISASI PEREMAJAAN KELAPA SAWIT PEKEBUN KABUPATEN SIMALUNGUN

Pemerintah berkomitmen untuk memeratakan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di seluruh Indonesia. Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang dilaksanakan Peremajaan Kelapa Sawit. Setelah diluncurkan penanaman perdana di Sumatera Selatan pada 13 Oktober 2017, dan diikuti Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan replanting Kelapa Kelapa sawit Provinsi kedua dari program PSR dilaksanakan pada bulan Nopember 2017 di Kabupaten Serdang Bedagai,

Pada Tahun 2017 Provinsi Sumatera Utara telah ditargetkan untuk meremajakan kebun sawit rakyat seluas 9.109,29 ha. peremajaan  tersebut tersebar di 12 kabupaten, yakni Serdang Bedagai, Langkat, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Asahan, Batubara, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Padang Lawas Utara, Padang  Lawas, Deli Serdang, dan Tapanuli Tengah.

Untuk merealisasikan Program Peremajaan Kelapa Sawit dan percepatan PSR Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan sosialisasi di kabupaten, Kegiatan Sosialisai telah dilaksanakan di kabupaten Simalungun pada tanggal 23 sd 24 Mei 2019 bertepat di Siantar Hotel Kabupaten Simalungun. Dalam acara Sosialisasi Hadir Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara sebagai salah satu Narasumber , Perwakilan Balai Besar Proteksi Tanaman Perkebunan Sebagai Koordinator Wilayah, Kepala Dinas Pertanian Kabupatan Simalungun, Perusahaan serta kelompok Tani.

sosialiasi peremajaan kelapa sawit pekebun dalam kerangka pendanaan badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit tahun 2019 dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan produktivitas kelapa sawit, pemanfaatan lahan perkebunan menjadi lebih optimal, meningkatkan kerja sama dalam bentuk kemitraan dengan perkebunan besar.

Sumber dana pada kegiatan ini berasal dari BPDPKS. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dalam paparannya sebagai nara sumber menekankan bahwa untuk keberhasilan realisasi Peremajaan Sawit di kabupaten Simalungun meminta agar Kolaborasi antara Kelompok tani pengusul bersama Pemerintah Daerah dan OFF Taker dalam hal ini adalah PTPN IV dapat lebih ditingkatkan serta Apkasindo dapat menghimbau dan memberi pengertian pada anggotanya agar mau melaksanakan peremajaan tanaman kelapa sawitnya walaupun masih menghasilkan namun sudah tidak bernilai ekonomis lagi.