RAPAT PENYUSUNAN SOP DISBUNSU TA. 2019 KEGIATAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DINAS PERKEBUNAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Workshop Penyusunan SOP Administrasi Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dengan Materi ini disajikan oleh Muti Sinaga, SE (Kasubbag TTL Pemerintah Provinsi dan BUMD) Biro Organisasi Provinsi Sumatera Utara, dalam kesempatan ini narasumber memberikan paparan tentang gambaran umum Penyusunan SOP Administrasi sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Nrgara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi.

Dalam kesempatan ini narasumber juga memaparkan tentang SOP hendaklah disusun berdasarkan uraian Tupoksi dari masing-masing Unit Pejabat Eselon IV, sehingga nantinya akan terlihat kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh seluruh ASN di Dinas Perkebunan juga bisa sebagai bahan evaluasi manakala terdapat tupoksi yang ternyata tidak dapat dikerjakan agar supaya dapat segera dirubah mengingat kedepannya SOP akan menjadi suatu acuan yang sangat penting didalam mendukung kinerja ASN sehingga nantinya tidak lagi ditemukan adanya ASN yang tidak memiliki pekerjaan yang jelas. Selanjutnya Ibu Muti Sinaga, SE juga meminta peserta agar benar-benar memperhatikan uraian pembuatan SOP yang berasal dari Tupoksi untuk mendapatkan kegiatan, jangan dibalik dari kegiatan untuk mendapatkan Tupoksi. Hal ini kerap terjadi yang pada akhirnya menjadi masalah pada OPD itu sendiri.

         Laporan panitia disampaikan oleh Kepala Sub bagian Program, Akuntabilitas dan informasi publik (Ayunita Fitra, SP, M.Agr), pada laporannya disampaikan beberapa hal pokok antara lain :

  • Rapat Penyusunan SOP ini dihadiri oleh 40 orang peserta yang terdiri dari Para Kepala Bidang, Kepala UPT, Pejabat Eselon IV dan Staf Dinas Perkebunan Prov. Sumatera Utara.
  • Kegiatan ini menghadirkan 2 orang narasumber yang berasal dari Biro Organisasi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan selama 1 (satu) hari di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.
  • Kegiatan ini bersumber dari dana APBD SKPD Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara TA. 2019.

         Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara (Ir. Herawati. N, M.MA), pada sambutannya beliau meminta kepada seluruh peserta agar serius dalam mengikuti rapat ini sehingga diharapkan kedepannya SOP tersebut dapat meningkatkan kinerja ASN lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara. SOP yang disusun dan nantinya diharapkan juga dapat memudahkan ASN lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dalam menghadapi perkembangan teknologi untuk mengukur kinerja ASN seperti SKP online yang akan segera diberlakukan. Kedepannya sesuai arahan Ibu Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara seluruh ASN harus terus berbenah menyiapkan Sumber Daya Manusia yang terampil dan Fasilitas alat pendukung kinerja yang memadai agar Sumatera Utara yang Bermartabat dapat terwujud,

Materi disajikan oleh Hendra Siahaan, S.Kom (Analis Fasilitasi Peningkatan Kompetensi pada BKD Provinsi Sumatera Utara), dalam kesempatan ini narasumber memberikan paparan tentang SOP Administrasi Kepegawaian seperti kepangkatan dan lain-lain serta Peningkatan Kinerja ASN melalui metode Jurnal harian dan SKP Online.

Pada kesempatan ini narasumber juga menyampaikan kesiapan Sumber Daya Manusia yang terampil dimasa yang akan datang agar Kinerja Provinsi Sumatera Utara jangan lagi menyandang predikat CC, sebab hal ini sangat bertentangan dengan jumlah TTP ASN kita yang sudah berada di peringkat atas rata-rata provinsi di Indonesia.

Selanjutnya Bapak Hendra Siahaan, S.Kom menyarankan agar para Pejabat Eselon III dan IV Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara untuk segera menyelesaikan Penyusunan SOP Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara sesegera mungkin sebelum bulan Juli 2019.

         Dari hasil Rapat Penyusunan SOP Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2019 ini dapat disimpulkan  beberapa hal sebagai berikut :

  1. Penyusunan SOP adalah hal yang wajib dilakukan demi terciptanyan Kinerja yang lebih baik dalam mewujudkan Sumatera Utara yang Bermartabat.
  2. Penyusunan SOP harus dimulai dengan menguraikan Tupoksi dari masing-masing unit eselon IV Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.
  3. SOP dapat menjadi Acuan dalam peningkatan Kinerja ASN.
  4. Melaluin SOP yang baik diharapkan dapat meningkatkan SDM yang berdaya saing.
  5. Disarankan kepada para Pejabat Eselon III dan IV Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara untuk segera menyelesaikan Penyusunan SOP Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.