KUNJUNGAN DEWAN PENGAWAS BPDPKS DALAM RANGKA MONITORING EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN PSR DI KABUPATEN LANGKAT

Kegiatan Pelaksanaan peremajaan Kelapa Sawit di Provinsi Sumatera Utara telah dimulai pada tahun 2017, salah Kabupaten yang telah melaksanakan kegiatan peremajaan di Sumatera Utara yaitu Kabupaten Langkat yaitu KUD Harta dan telah melaksanakan Replanting seluas ± 213 Ha dimana lahannya semua sudah ditanam. Adapun tujuan kunjungan Dewan Pengawas BPDPKS kunjungan ke Sumatera Utara tepatnya ke KUD Harta adalah dalam rangka memonitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan peremajaan yang telah dilaksanakan di kelompok/gapoktan/koperasi yang telah mengajukan program Peremajaan.

Rangkaian kegiatan kunjungan Tim melaksanakan pertemuan di kantor KUD dengan ketua KUD Harta (BapakDrs.Sarikat Bangun),

selanjutnya Tim melaksanakan kunjungan kelapangan untuk melihat tanaman kelapa sawit, dari hasil kunjungan kelapangan terlihat pertumbuhan tanaman terlihat bagus dan tanaman sela yang ditanam jagung.

Namun keadaan lapangan yang terlihat bahwa bekas tumbang chipping tanaman dilahan belum dibersihkan sehingga akan menimbulkan penyakit Oryctes yang bias memngganggu pertumbuhan tanaman akibat serangan oryctes, untuk itu diharapkan supaya sisa chippingan yang ada dilahan replanting segera dibersihkan untuk menghindari timbulnya hama/penyakit pada pertanaman. Dalam Kunjungan Ke KUD Harta Tim yang hadir Dewan Pengawas dari BPDPKS, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, DinasPertanianKabupatenLangkat, Kordinator Wilayah (BBPTP Medan), PPKS Medan.