Pelaksanaan panen perdana Demplot budidaya kopi di kabupaten karo

13-14 Februari 2019

Seperti kita ketahui bersama bahwa kopi merupakan salah satu komoditas penting didalam perdagangan dunia yang melibatkan beberapa negara produsen dan banyak negara konsumen. Selama 10 tahun terakhir, volume perdagangan kopi dunia dalam bentuk Ekspor terus meningkat rata-rata 1.8 % pertahun dan volume perdagangannya mencapai 4.99 juta ton per tahun.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman Berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa Ethopia di benua Afrika sekitar  3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling popular didunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Disamping rasa dan aroma yang menarik, kopi juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu dan berbagai penyakit jantung.

Meskipun bukan merupakan tanaman asli Indonesia, tanaman ini mempunyai peranan penting dalam industry perkebunan di Indonesia. Areal Perkebunan Kopi di Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2017 mencapai  89.041,09 Hektar  yang terdiri dari jenis Arabika dan juga Robusta.

Dinas Perkebunan sangat bangga dan mendukung aktivitas yang telah dilakukan oleh Bank Indonesia Untuk memajukan Perkopian di Sumater Utara, Khususnya kabupaten Karo dengan pembangunan Demplot pertanaman dan rumah produksi kopi ini. Harapan kami fasilitas ini merupakan stimulant yang akan dapat meningkatkan animo petani kopi untuk menjadi kopi maju dan berdaya saing. Mari kita tingkatkan pengelolaan kebun kopi serta dapat memanfaatkan rumah produksi untuk mengolah biji kopinya menjadi produk-produk kopi yang mampu menembus pasar local, Nasional dan Internasional.

Kopi menjadi perhatian bank Indonesia karena kopi menjadi komoditas primadona dunia dan gaya hidup, Untuk Itu BI bersinergi Bersama Starbucks Farm Support Center mengembangkan kopi dengan pola tanam PGS ( Program Ganda Segitiga) dengan populasi 30-25/ Ha, diharapakan dapat meningkatkan Produktifitas Kopi Varietis yang dikembangkan di kelompok Fajar Harapan desa Suka Mbayak, Kecamatan Tiga panah Kabupaten Karo adalah varietas Komasti.

Dengan Demplot ini diharapkan dapat menjadi sarana contoh penyuluhan bagi petani Kopi di kbupaten Karo dan petani-petani kabupaten sekitarnya.