Sosialisasi Tentang Tata Cara Pelaksanaan E-Absensi Online Di Lingkungan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara

Sosialisasi tentang tata cara pelaksanaan e- Absensi Online yang dilaksakanan di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 8 Januari 2019 pukul 08.30 Wib s.d selesai bertempat di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dengan narasumber Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Sdr. M. Alfian Jauhari, S.Hut serta Sdr. Ernes Rinan staf Layanan E- Government Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Utara, yang diikuti oleh seluruh pejabat Administrator, seluruh Pejabat Pegawas dan seluruh Pegawai Negeri Sipil/ASN di likungan dinas perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

                 Absensi berbasis Online atau e- Absensi akan diterapkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Penerapan e-Anbsensi akan banyak memberikan kemudahan, selain terbebas dari antrian, absensi lebih mudah dan cepat dilakukan “ cukup datang ke kantor, login, cek lokasi, foto dan selesai” jadi memang lebih mudah dan cepat.

                 e- Absensi merupakan hasil karya anak Sumut ini berbasis lokasi. Jadi ASN yang akan melakukan absensi harus dating kekantor atau lokasi tertentu yang telah ditetapkan. Absensi tidak dapat dilakukan dari rumah atau lokasi lain yang tidak dikenal oleh aplikasi. Jika ada upaya memanipulasi lokasi, hal tersebut akan terdekteksi oleh system dan absensinya akan dibatalkan.

                 Kemudian e- Absensi juga berbasis foto, ASN yang melakukan absensi harus melakukan swafoto. Sehingga absensi tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Selain itu e- Absensi juga open data (transparan) dan terintegrasi dengan aplikasi lainnya, sehingga pimpinan dapat melihat langsung siapa saja ASN yang sudah atau belum hadir di kantor. Dengan e-Absensi, perhitungan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) atau pemotongan tunjangan, jika ada, juga akan dilakukan secara otomatis oleh system aplikasi.